Menginspirasi Lewat Literasi Syariah: Muamalat Institute Salurkan Bantuan Sosial di Leuwidamar Lebak Banten

JAKARTA (12/02/2024) –Muamalat Institute sebagai anak perusahaan dari Bank Muamalat Indonesia, berkomitmen untuk melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat melalui program rutinnya yaitu CSR (Corporate Social Responsibility). Program kali ini dilakukan pada Senin, 5 Februari 2024 bertempat di Leuwidamar Kabupaten Lebak, Banten. Acara ini dihadiri oleh Kepala Sekolah MTs Al Muhajirin dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lebak Banten, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Leuwidamar, Head of Finance, HCGA and Operation Muamalat Institute serta 30 Guru dan 90 siswa SMK dan MTs di Leuwidamar. Dalam acara ini kegiatan yang dilakukan antara lain melakukan Geulis (Gerakan Literasi Syariah), memberikan bantuan dana pembangunan fasilitas sekolah yaitu MTs Al Muhajirin Muhammadiyah sebagai salah satu bentuk perhatian untuk kelayakan penggunaan bangunan dalam proses belajar. Selain itu, bantuan sosial juga diberikan kepada guru MTs Al Muhajirin dan SMK Muhammadiyah 1 Leuwidamar untuk membantu pemenuhan kebutuhan bahan pokok.

Bapak Engkos selaku Kepala Sekolah MTs dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lebak Banten dalam sambutannya menyampaikan, “Alhamdulillah kami antusias menyambut kegiatan literasi syariah yang diadakan untuk para murid kami. Literasi syariah menjadi aspek penting dalam pembentukan karakter dan pemahaman nilai-nilai keislaman. Kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dana pembangunan atap sekolah dan bantuan sembako kepada para pendidik kami yang berperan besar mereka dalam membimbing dan mencetak generasi penerus bangsa. Semoga langkah ini menjadi pijakan menuju peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan bagi semua yang terlibat”.

Selanjutnya, Nur Atikah selaku Head of Finance, HCGA and Operation Muamalat Institute menambahkan “Poin penting dari kegiatan sosial ini memiliki nilai strategis dalam mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, terutama dalam pemahaman dan penggunaan produk perbankan syariah yang memberikan dampak ke sosial ke masyarakat dan juga menjadi sahabat bagi Masyarakat”.

Anton Hendrianto selaku Direktur Eksekutif Muamalat Institute, turut menambahkan “Merupakan bagian integral dari komitmen kami untuk memberikan manfaat maksimal bagi dunia pendidikan melalui program literasi syariah, dana pembangunan atap sekolah, dan bantuan sosial sembako untuk para guru. Literasi syariah tidak hanya menjadi pondasi ilmu pengetahuan, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang dalam membentuk karakter generasi masa depan. Dengan pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip syariah, diharapkan siswa dapat tumbuh menjadi individu yang berintegritas dan bertanggung jawab. Bantuan sosial sembako dan dana pembangunan atap sekolah untuk para guru merupakan bentuk nyata dari kepedulian kami terhadap kesejahteraan mereka. Guru yang berkualitas dan mendapatkan dukungan akan memiliki dampak positif yang besar terhadap perkembangan pendidikan. Semua upaya ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan kontribusi positif pada pembentukan karakter, pengembangan potensi, dan kesejahteraan seluruh komunitas pendidikan. Terima kasih atas kerjasama dan partisipasi dari Muamalat Institute serta semua pihak dalam menjadikan program ini sukses. Semoga kebaikan ini dapat menjadi ladang amal yang berkelanjutan bagi dunia Pendidikan”.

Setelah melaksanakan kegiatan Geulis dan Bantuan Sosial, tim CSR Muamalat Institute tidak hanya berhenti di situ. Tim CSR melanjutkan perjalanan untuk menjelajahi keindahan alam dan kultur yang kaya di sekitar kampung Baduy. Dalam suasana yang penuh kebersamaan menyaksikan kehidupan sehari-hari masyarakat Baduy sambil menikmati keindahan alam yang masih alami. Ini bukan hanya tentang memberikan bantuan, tetapi juga tentang memahami dan menghargai kehidupan serta nilai-nilai budaya yang berbeda.

Semoga program CSR ini dapat meningkatkan literasi syariah di kalangan siswa-siswi, masyarakat umum dapat memberikan dampak positif dalam pembentukan karakter dan pemahaman nilai-nilai keislaman. Muamalat Institute berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Melalui kerjasama dan kolaborasi seperti ini, kami berharap dapat menciptakan dampak yang nyata dan berkelanjutan bagi kesejahteraan bersama. Perjalanan ini memberikan kesempatan bagi kami untuk tidak hanya memberikan, tetapi juga belajar dan memperoleh pengalaman berharga. Kami bertekad untuk terus menjalankan program CSR kami dengan tujuan membangun masyarakat yang lebih baik, serta melestarikan kekayaan alam dan budaya yang ada di sekitar kita.

Tentang Muamalat Institute

Muamalat Institute bertujuan mencetak sumber daya manusia profesional berkualitas sehingga dapat berperan dalam proses pembangunan Indonesia. Kami fokus bergerak di bidang pengembangan bisnis dan sumber daya manusia, dengan menyediakan jasa di bidang Training, Research, Consulting, & Publication.

Dengan pengalaman 31 tahun dalam menghasilkan bakat keterampilan tinggi dan bekerja sebagai mitra bisnis yang andal untuk Indonesia dan Asia Tenggara, MI berkomitmen untuk terus memberikan program pelatihan berkualitas dan konsultasi pengembangan bisnis untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan.

Muamalat Institute

Gedung Muamalat Institute                                 

Jalan Tanjung Duren Raya 7 ABC

Grogol Petamburan Jakarta Barat 11470

Telepon +6221-56980556 Faksimile +6221-56980557

www.muamalat-institute.com