Anton Hendrianto

Executive Director

Assalamualaikum warahmatullohi wabarakatuh

Rekan – rekan Syariah Bankers dan Insitusi Keuangan Syariah serta Bapak dan Ibu sekalian yang saya hormati,

Muamalat Institute sebagai salah satu subsidiary dari PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. yang bergerak di bidang lembaga Edukasi, Konsultansi, Riset dan Publikasi yang berdiri sejak 26 tahun lalu telah mengarungi beberapa milestone penting dalam pengembangan bisnis, infrastruktur dan semua aspek sumber daya-nya. Sebuah perjalanan sejarah yang cukup panjang dengan semangat dan optimisme mendukung pengembanganKnowledge dan Skill dalam memajukan Ekonomi Syariah di Indonesia. Mari bersama-sama kita cermati beberapa data dan fakta yang disadur dari berbagai sumber valid dan terpercaya berikut ini..

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Keuangan OJK Tahun 2016, tingkat literasi keuangan syariah di Indonesia masih jauh dari maksimal yaitu sebesar 8,11% dengan tingkat inklusi mencapai 11,06%. Ini artinya, hanya 8 dari 100 orang yang memahami produk dan layanan keuangan syariah dan terdapat sebanyak 11 dari 100 orang yang memiliki akses terhadap produk dan layanan lembaga jasa keuangan syariah. Untuk itu, sosialisasi dan edukasi ke publik mengenai produk serta jasa layanan keuangan syariah yang semakin beragam dan bermanfaat besar bagi masyarakat perlu terus dikenalkan, sekaligus meningkatkan akses masyarakat ke sektor keuangan sesuai dengan program literasi keuangan Pemerintah.*

Selain itu, peranan keuangan syariah dalam berbagai sektor ekonomi terus meningkat, antara lain melalui pendanaan APBN, proyek – proyek swasta, dan UMKM. Selain itu, keuangan syariah juga telah hadir menjadi sarana bagi perencanaan keuangan, investasi, dan perlindungan risiko keuangan bagi masyarakat di tanah air.*

Data OJK per Mei 2017, total aset keuangan syariah Indonesia (tidak termasuk Saham Syariah) mencapai Rp. 992,80 triliun dengan proporsi industri perbankan syariah mencapai sebesar Rp. 375,75 triliun, IKNB syariah sebesar Rp94,63 triliun dan pasar modal syariah mencapai sebesar Rp. 522,42 triliun.*

Selanjutnya, dalam pertemuan High Level Discussion Indonesia: Pusat Ekonomi Dunia tanggal 25 Juli 2018 lalu disampaikan beberapa ulasan menarik. Diantaranya, perkembangan ekonomi syariah di Indonesia belum berkembang secara optimal. Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat ekonomi syariah global mengingat populasi muslim yang mencapai 85% dari total penduduk Indonesia. Dari sisi aset perbankan syariah Indonesia baru mencapai 5% sedangkan Malaysia sudah sampai di level 20%.**

Dari beberapa kajian diatas dapat disimpulkan bahwa peran semua pihak yang terkait (stakeholder) sangat penting dan masih banyak ruang/potensi untuk mengembangkan Ekonomi Syariah di Indonesia secara konkrit, termasuk bagi Muamalat Institute. Oleh karena itu, di tahun 2018 ini Muamalat Institute kembali berbenah dan mengimplementasikan beberapa fokus strategi dibawah ini:

Reposisi stream bisnis dan fokus terhadap 2 lini bisnis utama yaitu Pelatihan dan Konsultansi.
Reposisi output – dari penyedia basis Produk menjadi penyedia basis Solusi – serta transformasi menjadi mitra/partner dari klien korporasi yang memberikan solusi lebih mendalam (deep dive), tepat guna/sesuai kebutuhan (customize) dan berkelanjutan (sustainable).
Pendekatan VUCA (Volatility Uncertainty Complexity dan Ambiguity) untuk memberikan solusi – solusi kepada klien dengan basis Customer Centricity.
Alhamdulillah secara perlahan namun pasti, implementasi dari ketiga strategi di atas berjalan dengan cukup baik dan konsisten. Kami yakin dan percaya bahwa Muamalat Institute ‘eksis’selama 26 tahun dan kedepan, memberikan beragam solusi Pelatihan dan solusi Konsultansi kepada seluruh klien Korporasi dengan tujuan memperkuat aspek fundamental serta bisnis dan meningkatkan Skill dan Knowledge sumber daya insani untuk memajukan Ekonomi Syariah di Indonesia.

Wassalamualaikum wr wb

Jakarta, 12 Feb 2020

Admin Support Apprentice

Muamalat Institute

The MI Miracle Maker Team

7

Saiful Khoiri​

Head Of Product Development​

13

Nur Atikah

Head Of Finance, HCGA And Operation​

9

Yudi Krisdianto

Act. Head of Client Relationship

11

Atari Helena

Act. Head of Client Relationship

2

Wawan Anwarudin

GA and MIS Support

4

Sena Rachmadana

Client Relationship Manager

WhatsApp Image 2020-09-25 at 16.35.37

Dwi Wibowo

Finance Support

10

Lia Nur Aulia

Operation Support

Andri

Andriyani putri

Sales Apprentice

5

Ade Ayu Tifani

Sales Apprentice

3

Aulia Tri Syamsul Alam

Sales Apprentice

Marita

Marita P Hartini

Sales Apprentice

19

Gilang Rizky Ramadhan

Product Support Apprentice

12

Zaenal Abidin

Admin Support Apprentice

8

M. Ilsyar Ridwan

Admin Support Apprentice

6

Ilham Nadhir

Admin Support Apprentice

15

Sanyoto

Admin Support Staff*

16

Nova Amalia

Admin Support Staff*

mih

Nining Latifah Rahman

Admin Support Apprentice

WhatsApp Image 2020-11-06 at 10.20.36

Nazira Michellia

Admin Support Apprentice

Muamalat Institute Services

Our Services

Research

Riset yang ditawarkan meliputi aspek sumber daya manusia seperti riset pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan (Return of Investment / ROI) dan kebutuhan pelatihan untuk individu karyawan (Training Need Analysis / TNA) serta Riset potensi bisnis tertentu dan kelayakan pembukaan cabang atau unit tertentu.

Training

Sejalan dengan visi dan misinya khususnya dalam upaya peningkatan kualitas Sumberdaya Insani yang profesional, Muamalat Institute membantu merancang dan menyelenggarakan program training yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan/klien (in-house training) serta menyelenggarakan program Public Training yang dilaksanakan secara berkala. Program training yang ditawarkan meliputi Program Training Perbankan Syariah dan Personal Development

Consulting

Muamalat Institute memberikan jasa konsultasi untuk pendirian maupun konversi Lembaga Keuangan Syariah, antara lain: Bank Umum Syariah (BUS), Unit Usaha Syariah (UUS), Bank Pengkreditan Rakyat Syariah (BPRS), Asuransi Syariah, Lembaga Penjaminan Syariah, Koperasi Syariah, Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Multifinance Syariah serta jasa Konsultasi Keuangan Syariah lainnya.

Publication

Muamalat Institute melakukan usaha penerbitan buku-buku ataupun jurnal berbasis syariah untuk menunjang pengembangan dan penyebaran ilmu ekonomi syariah serta dapat menjadi bahan rujukann bagi praktisi maupun akademisi.

Open chat
Assalamu alaikum warahmatullohi wabarakatuh.... ada yang bisa kami bantu ?