About Us

PROFIL KAMI

Sejak pertama kali Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Perbankan Syariah (LPPBS) di dirikan tahun 1992 – kini menjadi Muamalat Institute, Kami senantiasa terus berupaya mengembangkan dan mensosialisasikan Ekonomi Syariah di Indonesia melalui Edukasi, Konsultasi dan Riset.

Perkembangan perbankan syariah yang terus menunjukan angka positif yang tercermin dari pertumbuhan asset, pembiayaan maupun DPK (dana pihak ketiga) memang mendorong tingginya kebutuhan akan sumber daya insani (SDI) yang kompeten dan sosialisasi yang perlu disampaikan secara lebih optimal, agar pasar atau masyarakat mendapatkan pengetahuan yang baik mengenai perbankan syariah.

Sebagai lembaga edukasi ekonomi dan keuangan syariah profesional yang telah memasuki usia 23 tahun, MI secara rutin menyelenggarakan pelatihan (training) untuk peningkatan kualitas SDI yang menguasai prinsip-prinsip ekonomi syariah dengan dukungan instruktur berpengalaman dan fasilitas belajar terbaik.

Di bidang lain, MI memberi nilai tambah para pelaku bisnis syariah melalui layanan  konsultasi (consultancy), recruitment, penelitian (research) dan publikasi (publication).

Untuk meningkatkan perhatian dan pengetahuan publik, secara proaktif MI turut mensosialisasikan ekonomi syariah pada masyarakat luas serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dari kalangan Lembaga Internasional, perusahaan atau lembaga keuangan, BPRS, Multifinance, BMT atau Koperasi Syariah, Pemerintah, Universitas dan lainnya.

Melalui layanan yang ditawarkan ini, MI berharap dapat turut serta dalam meningkatkan SDI yang berkualitas dan mensosialisasikan ekonomi syariah serta menumbuhkembangkan lembaga keuangan syariah yang sehat, berkualitas dan tetap memiliki daya tahan bagi dinamika ekonomi lokal maupun global.

VISI & MISI

VISI

Menjadi lembaga edukasi ekonomi dan keuangan  syariah   terbaik  ditanah air dan menjadi mitra sejajar lembaga  syariah International dengan fokus pada  fungsi penelitian,  pelatihan, konsultasi dan publikasi.

MISI

Menyebarluaskan wawasan, ilmu pengetahuan, dan ketrampilan ekonomi syariah kepada stakeholder dengan mempersiapkan serta mengembangkan lembaga dan SDI Syariah yang profesional, handal, dan berakhlak mulia sebagai kontribusi dalam membangun sistem keuangan solutif bagi perekonomian umat.

Budaya Kerja

Milestone Muamalat Institute

1. Penguatan pelayanan kepada kebutuhan klien.
2. Penetrasi pasar.
3. Pengayaan produk Muamalat Institute.

Budaya Kerja

Untuk mengimplementasikan Visi Misi serta mencapaian target milestone, maka dirumuskanlah budaya kerja Muamalat Institute sebagai nilai-nilai yang memberikan motivasi kerja dan mensinergikan seluruh potensi untuk mencapai tujuan bersama.
Worship merupakan sebuah keyakinan dasar bahwa Muamalat Institute adalah sebuah titik gelaran sajadah peribadatan, melalui serangkaian aktivitas pembinaan sumber daya insani, penelitian, konsultasi, rekrutmen dan publikasi. Keyakinan tersebut memancarkan nilai POSITIVE (Professional, Customer Orientation, Integrity dan Innovative).

Budaya Kerja

TRAINING

Kami membantu mendesain dan menyelenggarakan program-program yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi Anda, baik dalam bentuk In-House Training maupun Public Training. Desain-desain program pendidikan dan pelatihan Muamamalat Institute merupakan jawaban atas tantangan kebutuhan peningkatan kompetensi SDI (Sumber Daya Insani). Program-program training yang kami tawarkan meliputi program training Perbankan Syariah dan Keuangan Syariah, Personal Development serta berbagai pelatihan lainnya.

CONSULTING

Industri perbankan syariah dan keuangan syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Untuk mendukung pengembangan bisnis ke depan, Muamalat Institute memberikan jasa konsultasi untuk pendirian maupun konversi lembaga keuangan syariah, antara lain : Bank Umum Syariah (BUS), Unit Usaha Syariah (UUS), Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), Asuransi Syariah, Lembaga Penjaminan Syariah, Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Multifinance serta konsultasi keuangan syariah lainnya.

RESEARCH

Riset dibutuhkan untuk mengetahui kinerja karyawan, pengembangan bisnis, kepuasan pelanggan dan lainnya. Dengan hasil yang akurat dan terpercaya, riset yang Kami tawarkan meliputi aspek sumber daya manusia seperti pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan (Rreturn on Training Investment/ROTI) dan kebutuhan pelatihan untuk individu karyawan (Training Need Analyst/TNA) serta riset pelatihan bisnis tertentu dan kelayakan pembukaan cabang atau unit bisnis tertentu.

PUBLICATION

Untuk menciptakan produk perbankan syariah yang benar, memerlukan eksporasi dan pendalaman lebih jauh mengenai hukum Islam dalam rangka menyediakan beragam produk keuangan islami. Kami terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak serta mensosialisasikan ekonomi, keuangan dan perbankan syariah. Program yang ditawarkan antara lain; Enlightment & Enrichment bagi para Guru dan Dosen, orientasi mahasiswa yang sedang melakukan riset di Bank Muamalat serta Company Visit to Bank Muamalat Indonesia.

SOSIALISASI & EDUKASI

Muamalat Institute telah menjadi lembaga edukasi dan keuangan syariah terbaik di tanah air dan menjadi mitra sejajar lembaga syariah international selalu terus meningkatkan kualitas SDM perbankan dan jasa keuangan. Peningkatan kualitas melalui pengembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta mendukung pengembangan industri perbankan yang sehat dan berkualitas melalui publikasi, baik dalam bentuk buku, jurnal syariah dan artikel lainnya terkait perbankan dan keuangan syariah.