Masyarakat Sumbar menginginkan Bank Nagari berkonversi ke Syariah.

MuamalatInstitute.com_Masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) menginginkan agar Bank Nagari berkonversi ke Syariah. Untuk itu, Bank Nagari sudah mulai mempersiapkan semuanya dengan mengikuti Training PDPS untuk seluruh pegawai di Basa 1, Pangeran Beach Hotel, Jalan. Ir H Djuanda, Padang, Sumatra Barat, (12-15/02/20).

Kegiatan training PDPS itu bekerjasama dengan Muamalat Institute ini mengangkat tema “Pemahaman Dasar Perbankan Syariah (PDPS) & Analisis Pembiayaan Syariah” dengan jumlah pesrta sebanyak 42 karyawan. Kesempatan kali ini, hadir langsung Instruktur PDPS Bapak Hermansyah, dan Analisis Pembiayaan Syariah Bapak Donny Iskandar.

Turut hadir juga Bapak Gusti Candra selaku Pemimpin Divisi Perencanaan Strategis, sekaligus PMO Persiapan Konversi Bank Nagari Syariah, juga Ibu Nong Yendra selaku Pimpinan Grup Pendidikan dan Pelatihan.

Syafrizal selaku Direktur Operasional Bank Nagari mengatakan Bank Nagari diamanahkan oleh pemegang saham, untuk mengkonversi ke syariah dari konvensional.

“Salah satunya kita harus mempersiapkan SDM, Insfrastruktur, bisnisnya, harus memliki SDM yang kuat, Kontribusi yang lebih. Saya berharap seluruh karyawan bisa memahami bahwa pilihan konversi ke Syariah ini yang terbaik bagi dirinya, juga bagi Nagari,” ungkapnya.

Karena menurutnya, market Syariah masih kecil. Dengan masuknya Bank Nagari ke Syariah, dengan memiliki tiga hal yaitu kompetensinya bagus, kontribusinya besar, dan kualitasnya bagus, Bank Nagari dengan konsep syariah ini diharapkan bisa lebih besar lagi dibandingkan dengan sistem Bank Konvensional ini.

“Satu tahun kami mempersiapkan semuanya ini, 2021 kita akan grand launcing Bank Umum Konvensional Nagari pindah ke Bank Umum Syariah Nagari” kata Syafrizal.

Ia juga menambahkan, konversi bank syariah ini bukan saja keinginan dari pegawai Bank Nagari, memang keinginan dari Stakeholder semua masyarakat, juga semua organisasi MUI, LSM dan lainya itu mendukung konversi ke syariah.

Baca juga : Karyawan BPRS Bhakti Sumekar siap memberikan pelayanan Excellence terhadap Nasabah

Maka dari itu, pihaknya berupaya untuk mengemas, mempecking, bahwa produk syariah ini pilihan terbaik bagi mereka untuk mendukung bisnisnya, transaksi keuangannya, juga untuk mendukung kehidupannya yang lebih baik lagi kedepannya.

“Nah itu yang kita mempersiapkan sekarang untuk menjawab keinginan dari masyarakat, dan kami berharap masyarakat mendukung semua ini dan kami akan selalu mengedukasi merealisasikan Bank Syariah ini kepada masyarakat Sumatra Barat” ujar Syafrizal.

David Fernando salahsatu peserta PDPS merasa bahagia dengan konversi ini “Pada saat ini di ranah Minang itu memang istilahnya Adat ‘Basandi Syara’ ,Syara’ Basandi Kitabullah’ dan ternyata dari sisi perbankan, bank Nagari pakai sistem konvensional sistem berbasis bunga, memang sudah seharusnya, dan juga sudah selayaknya bersyariah, karena mayoritas masyarakat kita yang ada di Minang muslim. Dan memang suatu keharusan Bank Nagari salah satunya aset dari Pemerintahan Daerah harus menunjukan merealisasikan dari falsafah yang ada di Minang Kabau Adat Basandi Syara’ ,syara’ Basandi Kitabullah. dan Banknya pun  harus bersyariah tidak bank konvensional, dan juga bank nagari harus menjadi The Regional Champion di Sumatra Barat” ungkapnya pria yang menjabat sebagai Petugas Kredit/Pembiayaan Mikro & Kecil.