Training Analisis Pembiayaan Syariah dilaksanakan pada hari Jumat- Sabtu, 13-14 September 2019 / 13 – 14 Muharram 1441 H yang bertempat di Holiday Inn, Thamrin Jakarta Pusat, merupakan program Training Public Muamalat Institute dalam meningkatkan serta menambah pengetahuan mengenai Analisis Pembiayaan Syariah.

Analisis Pembiayaan Syariah diikuti oleh 7 peserta, 6 peserta berasal dari BANK Nagari, 1 peserta dari Koperasi. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, pre test, pemberian materi oleh instruktur, diskusi, studi kasus, dan diakhiri dengan post test.

Materi yang disajikan dalam training ini antara lain: (1) Overview Akad Pembiayaan, (2) Overview Akuntansi, (3) Analisa Aspek Kualitatif, (4) Pengumpulan data dan verifikasi, (4) Analisa Aspek Kuantitatif, (5) Analisa Agunan Pembiayaan, (6) Analisa Kebutuhan Pembiayaan MK & Investasi, (7) Kelayakan Investasi, (8) Analisa pembiayaan Kontrak, (9) Penyusunan Proposal Pembiayaan

Selama training berlangsung dapat diketahui bahwa terdapat beberapa peserta yang teraktif, diantara nya adalah (1) Dwi Shanidra – Bank Nagari, (2) Trie joko Susilo – Koperasi. Peserta yang menjadi terbaik adalah berdasarkan dari jumlah pertanyaan dan tanggapan yang terbanyak diantara para peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan Training Analisis Pembiayaan Syariah.