Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah Bank Sumut dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu pada tanggal 24 – 25 Agustus 2019 yang bertempat di Hotel Grand Inna Medan, merupakan program Inhouse Training kerjasama antara Bank Sumut dengan Muamalat Institute dalam meningkatkan serta menambah pengetahuan mengenai Dasar-dasar Perbankan Syariah bagi pegawai Bank Sumut.

Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah Bank Sumut diikuti oleh 30 dari 30 peserta terdaftar terdiri dari berbagai kantor cabang dan juga unit usaha syariah Bank Sumut. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, pre test kemudian dilanjutkan dengan kegiatan in class training yang berlangsung selama 2 hari & di akhiri dengan post test. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan oleh Bpk. M. Hakim Sitompul (Profesional Manager Unit Usaha Syariah) dan doa oleh panita. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dan kegiatan in class training berlangsung selama 2 hari.

Pelatihan ini menggunakan sistem klasikal dan dilaksanakan di dalam ruang meeting (Indoor). Materi yang disajikan dalam training ini antara lain: Konsep Dasar Ekonomi Islam, Islam Way of Life, Konsep Harta dalam Islam, Fiqh Muamalah, Regulasi Bank Syariah, Sistem Operasional bank Syariah, Konsep Perhitungan Bagi Hasil, Akad-akad, Skema Titipan, Skema Pinjaman, Skema Bagi Hasil, Skema Jual Beli, Skema Sewa, Skema jasa, Jenis Produk, Perbedaan dengan Konvensional, oleh Bpk. Hermansyah sebagai intruktur yang menyampaikan materi selama kegiatan berlangsung. Rangkaian kegiatan pelatihan berjalan baik dan menarik dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dan instruktur. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi para peserta dan umumnya bagi seluruh karyawan Bank Sumut dan semoga kedepannya kerjasama yang telah terjalin terus terjaga