Pelatihan Dasar-Dasar Pembiayaan Kehutanan dengan Konsep Syariah ini merupakan program Inhouse Training kerjasama antara Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P2H) dengan Muamalat Institute dalam rangka peningkatan pemahaman bagi karyawan baru maupun karyawan lama yang belum pernah mendapatkan pelatihan. Tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam melaksanakan tugas di dunia kerja dan khususnya di unit kerja masing-masing. Pelatihan ini, Alhamdulillah telah terlaksana pada tanggal 31 Januari-01Februari 2019 / 25-26Jumadal Ula 1440 H bertempat di Hotel Century Park Jakarta.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dihadiri 30 peserta.  Pelatihan diawali dengan sambutan oleh Ibu. Dinni Melati Indriasti, S. Hut, Mse (Kepala Sub Bidang Analisis Bagi Hasil Dan Syariah) lalu di lanjutkan dengan Pre-test dengan durasi 15 menit. Selanjutnya inclass dengan materi yang disajikan dalam training ini antara lain: Pewarisan, Istila’alal Mubah, Akad, Tadlis, Gharar, Maysir, Riba, Rukun, Syarat, Maqasid Syariah, Murabahah, Istishna’, Salam, Mudharabah, Musyarakah,Ijarah Muntahiya Bittamlik (IMBT), Jasa, Pembiayaan Berbasis Jual Beli, Pembiayaan Berbasis Sewa, Penanganan Pembiayaan Bermasalah, Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil, Diskusi & Studi Kasus yang bertujuan memberikan pemahaman dan kesamaan paradigma peserta yang mulai menjalankan bisnis dengan menggunakan konsep syariah.

Alhamdulillah, Pelatihan berjalan dengan lancar, interaksi peserta dengan Instruktur terbangun dengan baik. Instruktur memberikan contoh-contoh kasus yang mudah dipahamipeserta.Selama pelatihan berlangsung, peserta cukup aktif dan antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Hal ini terlihat dari seringnya peserta memberikan pendapat dalam pembahasan contoh kasus. Selanjutnya dilakukan ujian post-test yang bertujuan mengetahui perkembangan peserta setelah mengikuti pelatihan. Kegiatan ini ditutup oleh Bpk Zubaidi Susanto, S. Hut (Kepala Sub Bidang Pinjaman).