Manajemen Menyapa

Stakeholder terhormat,

Muamalat Institute telah mencapai beberapa kemajuan penting hingga saat ini, dengan tercapainya recana strategis yang telah ditetapkan lembaga. Kami terus mengembangkan dan mensosialisasikan Perbankan Syariah di Indonesia melalui Edukasi, Konsultasi dan Riset.

Kami secara kontinyu dan konsisten menyelenggarakan kegiatan pelatihan (training). Program-program pelatihan kami tujukan untuk para profesional khususnya tenaga-tenaga di bidang perbankan dan jasa keuangan syariah sesuai dengan tingkat kompetensi masing-masing level dan mempertimbangkan perkembangan yang terjadi di masing-masing bidang kompetensi.

Merujuk pada catatan organisasi 5 tahun terakhir, sejak tahun 2009 hingga tahun 2013 tercapai angka 11.700 orang peserta yang mengikuti pelatihan di Muamalat Institute. Dari pelatihan-pelatihan ini diharapkan muncul Sumber Daya Insani (SDI) handal yang akan membawa kemajuan bagi Lembaga Keuangan dan Lembaga Keuangan Non Bank (LKNB) di Indonesia. Selanjutnya dibidang konsultasi, secara berkesinambungan Kami telah mendampingi pembentukan Bank/ Unit Usaha Syariah (UUS) dan Spin Off. (Daftar Project Pembentukan)

Saat ini Muamalat Institute juga memberikan jasa assessment dan rekrutmen. Proses perencanaan Kami mulai dengan penjaringan potensi-potensi SDI unggulan. Penyusunan kriteria sampai dengan proses seleksi dilakukan secara terencana, komprehensif, dan independen guna memperoleh hasil yang optimal sesuai dengan kebutuhan klien.

Ke depan, tantangan kami akan semakin besar seiring dengan perkembangan perbankan dan jasa keuangan syariah di Indonesia yang menggembirakan. Dalam kurun lima tahun terakhir, pertumbuhan perbankan syariah konsisten  berada  di  kisaran 34-49  persen  YOY (year on year). Berbagai lembaga keuangan juga telah menunjukkan eksistensinya melalui produk-produk yang mereka tawarkan. Kondisi ini menunjukkan, ketersediaan SDI berkualitas menjadi hal penting dan mendasar, dikarenakan talenta merupakan ujung tombak industri dalam pencapaian tujuan organisasi.

Untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang qualified, Bank Indonesia merancang iB Human Capital Strategic Plan 2011-2015, dalam rangka menghadapi AEC 2015. Salah satu tujuan program ini mempersiapkan model kompetensi bagi pengembangan SDI di perbankan syariah.

Jika diamati ada beberapa poin penting yang diajukan BI dalam pengembangan SDI perbankan, seperti persiapan managerial skill, pelatihan dan pengembangan, kerja sama bank dan lembaga riset maupun kerja sama bank dengan lembaga pendidikan. Tujuan akhirnya, setiap level managerial mampu menerapkan prinsip syariah dalam aspek transakasi, operasional dan Good Corporate Governance (GCG) dalam kerangka market discipline.

Untuk menangkap potensi dan peluang ini, Muamalat Institute berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan dan meningkatkan kualitas SDI serta mensosialisasikan Ekonomi Syariah di Indonesia. Terlebih untuk menghadapi 2020 dimana sektor keuangan menjadi bebas dimasuki tenaga kerja dari negara-negara ASEAN yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan mulai berjalan pada 2015.

Executive Director