Program Edukasi Literasi Perbankan Syariah - Muamalat Goes to Community - KKN UIN Jakarta

Program Edukasi Literasi Perbankan Syariah Muamalat Goes to Community Desa Cimanggu II Kecamatan Cibungbulang Bogor bagi masyarakat merupakan kegiatan sosialisasi dan edukasi yang cukup efektif, terutama pengetahuan mengenai ekonomi dan perbankan syariah. Program ini merupakan salah satu bagian dari peran Muamalat Institute sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Bank Indonesia guna mempercepat akselerasi perbankan syariah di Indonesia.

 

Alhamdulillah Program ini dilaksanakan selama 1 hari pada hari Rabu, 26 Agustus 2015 M / 11 Dzulqa’dah 1436 H di Kantor Kecamatan Cibungbulang Bogor dengan efektif waktu selama 4 jam. Alhamdulillah kegiatan ini dihadiri oleh 66 orang masyarakat setempat. Acara ini dimulai pukul 14.45 WIB. Pembacaan Ayat Suci Al Quran oleh Sdr. Noval Kurnia mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kemudian ada sambutan oleh Bapak Senan selaku Kepala Desa Cimanggu II. Selanjutnya sambutan dan sekaligus dibuka oleh Bapak Setiawan, SH selaku Sekretaris Camat Cibungbulang mewakili Ketua Camat yang sedang berhalangan hadir.

Selanjutnya pemberian materi pertama mengenai “Pengenalan Hukum Syariah” yang disampaikan oleh Bpk. Abdurrouf, Lc. MA selaku Dosen Pembimbing KKN RISE UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selanjutnya pemberian materi kedua mengenai “Bagaimana Praktek Asuransi Syariah” yang disampaikan oleh Bpk. Zaenal Mahfud Falah selaku Direktur Utama Asuransi Micro Syariah, ASyKi. Peserta sangat antusias dengan penyampaian materi yang diberikan oleh beliau. Setelah materi disampaikan, ada sesi tanya jawab dan peserta banyak yang bertanya. Setiap penanya diberikan hadiah buku. Selanjutnya pemberian materi ketiga mengenai “Cara Berbisnis bersama Bank Syariah” yang disampaikan oleh Bpak Akrom Khasani selaku Sub Branch ManagerBank Muamalat Indonesia Capem Bogor. Setelah materi disampaikan, ada sesi tanya jawab dan peserta banyak yang bertanya. Setiap penanya diberikan hadiah buku dan hadiah menarik.

 Alhamdulillah seluruh peserta menyimak materi yang diberikan dengan baik, serta sangat antusias terhadap materi yang diberikan. Instruktur juga sangat baik dalam pendekatan dan interaktif kepada peserta, sehingga mampu membangun respon peserta dengan sangat baik.

Selanjutnya penyerahan Piagam Pengharagaan dari Bank Muamalat kepada Kepala Desa Cimanggu II karena telah berpartisipasi menghadiri Program Edukasi Literasi Perbankan Syariah Muamalat Goes to Community, dan penyerahan Piagam Penghargaan dari RISE UIN Syarif Hidayatullah kepada Bank Muamalat Indonesia.

Seluruh rangkaian sudah berjalan dengan baik dan lancar. Diakhiri dengan do’a penutup dan foto bersama. Besar harapan materi yang telah disampaikan dalam pelatihan dapat bermanfaat masyarakat untuk lebih paham mengenai Perbakan maupun Asuransi Syariah.

Red : Novita Ashari

Read 716 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Friday, 28 August 2015 10:36