Pertanyaan :

Bagaimana perlakuan penyelesaian pada Murabahah Bermasalah?

Jawaban :

Ada 3 (tiga) alternatif yang dapat dilakukan, yaitu :

  1.     Diselesaikan (untuk kasus yang sudah tidak ada harapan) dengan cara :

Obyek Murabahah dijual sesuai dengan harga pasar, hasil penjualan tersebut digunakan untuk melunasi sisa piutangnya, jika masih kurang maka diselesaikan dengan menjual barang jaminan sehingga piutangnya lunas.

Bank Syariah memberikan fasilitas pembiayaan murabahah kepada nasabah. Setelah beberapa waktu berjalan, pembiayaan tersebut mengalami permasalahan. Salah satu upaya penyelamatan yang dilakukan oleh Bank Syariah adalah dengan memperpanjang jangka waktu fasilitas dengan tidak merubah harga jual.

Pertanyaan:

Apabila akibat penundaan pembayaran tersebut, Bank terpaksa mengeluarkan sejumlah biaya ekstra, bolehkah Bank mengenakan charge  sebagai bentuk kompensasi atas kerugian riil yang dialami?

Apakah diperbolehkan memberikan penanaman dana untuk hotel yang menggunakan konsep Budget Hotel yaitu hotel yang hanya menyediakan tempat/kamar untuk menginap saja, tanpa dilengkapi adanya restauran, cafe dan servis layanan kamar selain servis kebersihan kamar? Hotel tersebut juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang menggunakan kunci kamar untuk dapat mengakses ke lantai tempat kamar berada sehingga selain tamu hotel tidak dapat masuk ke kamar hotel.

Page 1 of 50