Hari Selasa, 19 September 2017 bertempat di SMK IT Nurul Qolbi Bekasi, Muamalat Institute diamanahkan untuk memberikan pengarahan dan pembekalan bagi siswi – siswi kelas XI jurusan perbankan syariah sebelum melaksanakan Praktek Kerja Industri di Bank Syariah.

Pada kesempatan ini kegiatan ini di ikuti pula oleh siswi – siswi kelas X dan XII sebagai pengayaan pemahaman tentang dunia kerja nyata di industri perbankan syariah sehingga jumlah peserta sebanyak 120 orang. Adapun Pembicara yang dihadirkan Muamalat Institute adalah praktisi perbankan syariah dari Bank Muamalat yaitu Bapak Yudi Susworo selaku Learning Delivery Dept Head dari Human Capital Directorate.

Apakah Bank Syariah dalam rangka untuk menyelesaikan suatu perkara, dapat memberikan uang jasa?

Opini DPS:

  1.     Pada dasarnya sesuatu yang terlarang/haram tetap terlarang/haram. Tetapi jika berada pada suatu kondisi yang bersifat darurat, maka diperbolehkan dengan adanya rukhsah (keringanan).
  1.     Jika “uang jasa” dilakukan dalam rangka memperoleh haknya kembali atau untuk kemashlahatan umat yang lebih besar, maka sesuatu yang dilarang diperbolehkan. Namun perlu diteliti benar-benar apakah kondisinya sudah demikian darurat dan sudah tidak ada alternatif lainnya.
  1.     Jika terpaksa dilakukan, maka harus ada pembatasan, sehingga tidak terjadi penyelesaian dengan cara “uang jasa” tersebut secara berulang-ulang.
  1.     Alternatif lainnya adalah Bank Syariah cukup berurusan melalui pengacara dengan membayar total dana/biaya operasional untuk pengacara. Untuk penggunaan serta operasionalnya, diserahkan kepada Pengacara tersebut.

 

Apakah diperbolehkan memberikan pembiayaan pada Koperasi Karyawan Bank Konvensional ?

Opini DPS:

1. Bahwa seorang muslim yang bekerja di Lembaga Keuangan Konvensional (LKK) merupakan keadaan darurat.

2. Agar dihindari Bank Syariah melakukan penjualan secara proaktif atau menjadikan Kopkar LKK (termasuk Asuransi) sebagai target market.

3. Jika Kopkar yang bersifat proaktif mengajukan pembiayaan kepada Bank Syariah, maka Bank Syariah dapat memberikan pembiayaan dengan jangka waktu sesuai dengan jangka waktu kondisi darurat tersebut.

Page 1 of 48