Pelatihan Analisis Pembiayaan Syariah Tingkat Lanjut bank Riau Kepri 2017

Program ini merupakan kerja sama antara Muamalat Institute dengan Bank Riau Kepri dalam rangka meningkatkan pengetahuan analisis pembiayaan syariah guna meningkatkan kompetensi peserta dalam melakukan fungsi analisis pembiayaan yang efektif dalam rangka meningkatkan profit dan stabilitas kegiatan usaha Bank Riau Kepri. Training ini telah dilaksanakan pada tanggal 16-19 Juli 2018 M / 23-25 Syawal 1438 Hdengan durasi efektif 25Jam 20 Menit yang bertempat di Menara Dang Merdu lantai 5, Jalan Jenderal Sudirman nomor 462, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

 

Training di hadiri oleh 25 orang peserta, Bapak Arinto Wiryoto menjadi instruktur pada training ini. Rangkaian training berjalan dengan baik dan menarik dengan diskusi mengenai proses pembiayaan syariah, hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti materi serta banyaknya peserta yang bertanya selama pelatihan berlangsung. Bahkan sebagian peserta terlihat sangat bersemangat dalam memahami permasalahan dilapangan secara lebih kompleks, sehingga permasalahan yang terjadi dilapangan dikaitkan dengan materi yang disampaikan.

Selama pelatihan diskusi berjalan menarik terlebih saat membahas overview monitoring pembiayaan dan pengelolaan NPF. contoh kasus nyatadalam perbankan, dipaparkan pula tentangtransaksi-transaksi muamalah yang dimungkinkan terjadinya fraud atau kesalahan-kesalahan dalam operasional perbankan. Beberapa peserta semakin bersemangat, khususnya mereka yang telah lama bekerja di perbankan syariah, karena memperoleh bekal lebih detail dalam menjalani tanggung jawab pekerjaan sebagai analis pembiayaan diperbankan syariah.

Pendekatan yang dilakukan instruktur kepeserta sudah baik, karena mampu menguasai audience. Peserta kritis terhadap penyampaian instruktur apabila ada materi yang kurang menurut peserta, maka langsung ditanyakan. Sehingga pelatihan  berlangsung dengan sangat menarik.

Peserta secra umum sangat aktif dan antusias, dalam mengikuti pelatihan ini. Hal ini terlihat dari seringnya peserta memberikan pendapat dalam pembahasan contoh kasus. Selanjutnya dilakukan ujian post-test yang bertujuan mengetahui perkembangan peserta setelah mengikuti pelatihan. Kegiatan ini ditutup oleh Kepala Divisi Syariah Bapak Syahrul dan disertai penghargaan peserta terbaik dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Red : Whayudha

 

Read 156 times
Rate this item
(0 votes)