Pelatihan Penanganan Pembiayaan Bermasalah BPRS Cilegon Mandiri 2017

Pelatihan Penanganan Pembiayaan Bermasalah ini merupakankerja sama antaraBPR Syariah Cilegon Mandiridengan Muamalat Institute dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana cara penanganan pembiayaan bermasalah yang efektif untuk meningkatkan produktifitas dan stabilitas kegiatan usaha BPR Syariah Cilegon Mandiri. Training ini telah dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juli 2017 M / 05-06Dzulqa’dah 1438 Hdengan durasi efektif 16 Jam30 Menit yang bertempat di Ruang KerjaLantai 2 Gedung BPR Syariah Cilegon Mandiri, Komplek Sukma Jaya Mandiri Kav. 5, Jalan Ahmad Yani, Jombang Wetan, Kota Cilegon, Banten 42431.

 

Pelatihan ini dihadiri oleh 25 orang peserta dan materi disampaikan olehBapak Anshorullah. Rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan menarik dengan penyampaian materi dan diskusi mengenai proses awal pembiayaan hingga diskusi kasus yang terjadi di lapangan, hal ini terlihat dari antusias peserta dalam mengikuti materi serta peserta yang aktif bertanya selama pelatihan berlangsung.

Pembahasankasus-kasus pembiayaan yang terjadi dilapangan dan pengelolaan NPF dengan contoh kasusnyatadalam perbankan juga di diskusikan. Pada hari kedua, dipaparkan pula tentangtransaksi muamalah yang memungkinkan terjadinya fraud dalam memilih mitra dalam menyelesaikan pelanggaran pembiayaan.

Pendekatan yang dilakukan instrukturkepeserta sudah baik, karena mampu menguasai Audience. Peserta kritis terhadap penyampaian instruktur apabila ada materi yang kurang menurut peserta, maka langsung ditanyakan. Sehingga pelatihan  berlangsung dengan sangat aktif.Diakhir kegiatan dilakukan ujian post-test yang bertujuan mengukur perkembangan dan pemahaman peserta dalam memahami materi setelah mengikuti pelatihan.

Red : Kandar Syaprudin

 

Read 127 times
Rate this item
(0 votes)