Cegah Banking Crime, ASBANDA Adakan Training

banking crime asbanda

Jum’at, 28 Februari 2014 Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA)
mengadakan Banking Crime Mitigation Training yang bekerjasama dengan Muamalat Institute.

Jum’at, 28 Februari 2014
Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) mengadakan Banking Crime Mitigation Training yang bekerjasama dengan Muamalat Institute. Training ini berlangsung selama dua hari pada hari kamis dan jum’at tanggal 27-28 Februari 2014 M / 27-28 Rabi’us Tsani yang bertempat di ruang training ASBANDA, Menara MTH Lt.8 Jl. MT Haryono Kav.23  Jakarta Selatan. Peserta dalam training ini ada 12 orang yang merupakan utusan dari Bank Daerah, diantaranya Pincab Bank Bengkulu beserta Pincapem, Pincab Bank Papua beserta Pincapem dan utusan karyawan Bank Sulut.

Instruktur dalam training ini adalah praktisi perbankan yaitu Bapak Nanang Basuki (Central Operation Departement Head), Bapak Aryo Seno (Officer Compliance) Bank Muamalat dan Bapak Drs. Siswanto (Purnawirawan KOMBES POLRI).
Adapun materi utama yang disampaikan yaitu Kejahatan Perbankan, Pemeriksaan Dokumen dan Grafonomi. Training ini didalamnya membahas tindak kejahatan pencucian uang dan pendanaan terorisme dengan berbagai macam modus operandi yang digunakan. Kemudian dalam materi grafonomi diadakan praktik dalam pemeriksaan keaslian uang dengan alat peraga serta diajarkan cara memeriksa keaslian dokumen, tanda tangan dan stempel yang biasa dipakai dalam transaksi atau surat perjanjian dalam perusahaan.

Kegiatan training berjalan dengan baik dan lancar, dengan diskusi kasus-kasus kejahatan yang terjadi di bank dan bentuk-bentuk penyimpangan yang sering terjadi. Sebagian besar peserta merupakan pimpinan di cabang sehingga peran mereka sangat berpengaruh terhadap pengawasan agar segala macam bentuk tindak kejahatan yang biasa terjadi di bank dapat dihindari. Untuk kedepannya ASBANDA dapat terus meningkatkan perannya dalam hal peningkatan kualitas SDM agar BPD dapat terus berkembang dan turut serta meningkatkan  pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Berikut Foto Kegiatan Training:

 

Red.Nursalim

Read 1741 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 06 May 2015 09:55