Print this page

Pelatihan Penanganan Pembiayaan Bermasalah Bank BTN Okt 2016


Pelatihan ini kerjasama antara Bank BTN dengan Muamalat Institute yang ditujukan bagi karyawan di Divisi Syariah Bank BTN. Adapun tujuan pelatihan untuk memberikan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai penanganan pembiayan bermasalah yang terjadi di Kantor Cabang Syariah Bank BTN di seluruh Indonesia. Dari adanya pelatihan ini diharapkan tidak hanya dapat memahami, menganalisa pembiayaan dengan baik, melainkan dapat langsung menjawab apabila terjadi permasalahan yang dihadapi dilapangan. Kegiatan ini berdurasi dua hari, yaitu tanggal 07-08 Oktober 2016 M / 06-07 Muharram 1438 H bertempat di Hotel Millenium Sirih No. 3 Kampung Bali, Jakarta Pusat. Adapun waktu pelatihan pada hari pertama yaitu berdurasi 6 jam dan berdurasi 8 jam 25 menit pada hari kedua pelatihan.

Program ini dibuka oleh Bapak Edward Alimin Sjarief selaku Wakil Kepala Bisnis Bank BTN,dilanjutkan dengan sharing session oleh Bapak Mochamad Yut Penta selaku Wakil Kepala Divisi Operation & Services Bank BTN, dan Bapak Untung Wahyono selaku Senior Manager Asset Mangemen Division. Pelatihan diikuti 24 peserta dari Divisi Syariah dan perwakilan Kantor Cabang Syariah Bank BTN dengan materi pengantar penanganan pembiayaan bermasalah, Proses Awal Penanganan Pembiayaan Bermasalah yang meliputi Gejala, Penyebab, dan Dampak Pembiayaan Bermasalah, Kolektibilitas, Proses Penanganan Pembiayaan Bermasalah meliputi Revitalisasi Proses (Restructuring, Reconditioning, Resceduling) Berdasarkan Akad  Pembiayaan (Murabahah, Mudharabah, Musyarakah), Alternatif Penyelesaian melalui Novasi, Cessie & Suborogasi, Penyelesaian Melalui Jaminan meliputi Personal Guarantee, Lelang Jaminan dan Proses Litigasi, dilanjutkan dengan Bedah Kasus dihari kedua.

Sebagai pemateri dalam pelatihan ini yaitu Bapak Bachrum M Nasution & Bapak Anshorullah selaku profesional dan praktisi bank syariah. Rangkaian program berjalan dengan baik dan menarik berisikan diskusi dan tanya jawab mengenai penanganan pembiayaan bermasalaha dan studi kasus yang sering terjadi dilapangan dalam lingkup kerja Bank BTN. Beberapa peserta cukup antusias dan bertanya kepada instruktur dengan pertanyaan yang sangat kritis, untuk mengetahui lebih dalam terkait materi yang disampaikan.

Red : Suharyanto

Read 648 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Thursday, 22 December 2016 10:51
Eko Badri

Latest from Eko Badri