Pelatihan Analisis Pembiayaan BPRS Cilegon Mandiri 2016

Program Pelatihan Analisis Pembiayaan ini merupakan kerjasama yang antara Muamalat Institute dengan BPRS Cilegon Mandiri. Tujuan program ini agar para karyawan mendapatkan materi secara langsung dari praktisi perbankan syariah, sehingga diharapkan peserta paham lebih mendalam  perbankan syariah dan diharapkan dapat langsung dipraktikan di lingkungan kerja.

 

Program ini pun sebagai bekal peserta apabila terjun langsung ke lapangan dan menjawab apa yang selama ini menjadi pertanyaan yang belum terjawab. Durasi program ini yakni 2 hari, dengan jumlah peserta 30 orang yang terdiri dariDivisi Operasional BPRS Cilegon Mandiri. Program ini telah dilaksanakan pada tanggal 23-24 Juli 2016 / 18-19 Syawwal 1437 H dengan durasi selama 14.55 jam efektif, setiap harinya bertempat di Ruang Kantor BPRS Cilegon Mandiri, JL. Kubang Laban, No.23 A, Pegatungan Baru, Kec. Cilegon, Banten. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, materi yang disampaikan secara klasikal, disampaikan pula contoh kasus oleh instruktur, Pre Test & Post Test, dan penutupan. Selama kegiatan berlangsung yang disertai dengan ice breaking menarik agar peserta semangat dalam menerima materi yang disampaikan.

Pada kesempatan ini program dibuka secara resmi oleh Bapak H. Tb. Abdul Nasser, SE selaku Direktur BPRS Cilegon Mandiri. Materi pelatihan disampaikan oleh Bapak Muchtar Manto D. Siswoyo selaku instruktur. Pelatihan hari pertama membahas berbagai aspek terkait Akad dan Produk Pembiayaan Syariah, Overview Proses Pembiayaan, Analisis Pembiayaan, Analisis Pembiayaan Kualitatif, Analisis Pembiayaan Kuantitatif. Pada hari kedua membahas mengenai Siklus Konversi Aktiva & Penialaian Kualitas Aktiva, Analisis Laporan Keuangan, Analisis Kebutuhan Plafon Pembiayaan, Standar Memorandum Usulan Pembiayaan, Manajemen Pembiayaan Bermasalah, Studi Kasus. Beberapa peserta cukup kritis dan ingin mengetahui seperti apa praktik yang sebenarnya dilapangan.

Besar harapan, kedepannya Muamalat Institute bersama BPRS Cilegon Mandiri dapat terus meningkatkan perannya dalam hal peningkatan kualitas SDM agar dapat terus meningkatkan  pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

Red : Suharyanto

Read 449 times
Rate this item
(0 votes)