Pelatihan Taksasi Penilaian Jaminan Bank Jateng 2016

Pelatihan Asset Valuation Penilaian Jaminan Bank Jateng inimerupakan program Inhouse Training kerjasama antara Bank Jateng dengan Muamalat Institute yang pertama kalinya dilaksanakan pada tahun 2016. Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat melakukan analisa penaksiran atas barang jaminan dalam mempertimbangkan kelayakan pembiayaan dan mampu menghasilkan pembiayaan yang baik dan standar sesuai ketentuan–ketentuan yang berlaku di bank pada umumnya dan bank syariah khususnya.

 

Program yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-23 Juli 2016/16-18 Syawal 1437 H ini diikuti oleh 30 Orang peserta yang sebagian besar berasal dari support pembiayaan, analis dan pimpinan cabang pembantu Divisi Syariah Bank Jateng. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, inclass pelatihan selama 2 hari dan survey lapangan 1 hari, kemudian diakhiri dengan penutupan. Sedangkan rangkaian inclass terdiri dari presentasi materi, diskusi, sharing dan studi kasus. Survey lapangan sendiri terdiri survey 2 lokasi, kerja kelompok dan presentasi tugas kelompok.

Dalam pelatihan ini membahas berbagai aspek dalam melakukan penilaian jaminan. Materi-materi yang disampaikan pada hari pertama training adalah Konsep Prinsip Umum Penilaian, Pendekatan Biaya, Pendekatan Pasar dan Pengenalan Gambar Teknik. Pada hari kedua, materi-materi yang disampaikan Pengetahuan Bahan Bangunan, Pengetahuan Tata Kota, Proses Penilaian, Standar Penilaian Dasar I dan II, serta Teknik Pengumpulan Data. Pada hari kedua materi Inclass selesai diberikan dan dilanjutkan Survey kelompok pada hari ketiga. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok (1 kelompok 5 orang), 3 kelompok ditugaskan mensurvey penilaian jaminan di 1 tempat rumah tinggal nasabah Bank Jateng dan 3 kelompok lainya mensurvey penilaian jaminan di 1 tempat ruko nasabah Bank Jateng. Setelah itu, peserta melakukan kelompok kerja dan menpresentasikan hasil penilaian jaminan.  

Selama berlangsungnya pelatihan baik inclass maupun kelompok kerja, peserta sangat antusias dalam menjalani pelatihan. Peserta merasa bahwa pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan peserta dalam rangka meningkatkan kapasitas kompetensi untuk melakukan penilaian jaminan dalam pembiayaan. Keseluruhan materi telah disampaikan oleh Instruktur Bpk. Ir. Wahyudi Utom, MM selaku  Associate Trainer Muamalat Institute.

Red : Whayudha K.

 

Read 590 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Tuesday, 02 August 2016 08:26