Pelatihan Pembiayaan Sektor Ketahanan Pangan, Ketahanan Energi dan Kemaritiman LPDB-KUMKM

Pelatihan Pembiayaan Sektor Ketahanan Pangan, Ketahanan Energi dan Kemaritiman merupakan program Inhouse Training kerjasama antar Lembaga Pengelola dan Bergulir (LPDB) dengan Muamalat Institute dalam pemeliharaan serta menambah pengetahuan mengenai prinsip-prinsip pembiayaan pada sektor-sektor ketahanan pangan, energi dan kemaritiman untuk para karyawan LPDB. Program ini telah dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juni 2016 / 24-26 Ramadhan 1437 H di Ruang Training Muamalat Institute. diikuti oleh 25 dari 25 peserta yang berasal dari Administrasi Bisnis, Bisnis I.1, Bisnis I.2, Bisnis II.1, Bisnis II.2, Bisnis III.1, Bisnis III.2, Bisnis IV.1, Bisni IV.2 LPDB.Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, inclass pelatihan selama 3 hari dan diakhiri dengan penutupan. Sedangkan rangkaian inclass terdiri dari pre test, inclass, post test dan penutupan.

 

Dalam pelatihan ini membahas berbagai aspek dalam pembiayaan sector ketahanan pangan, ketahan energi dan kemaritiman. Materi-materi yang disampaikan pada hari pertama training adalah penjelasan mengenai regulasi, karakteristik umum, potensi resiko, serta pengetahuan budaya lokal yang penting untuk diketahui dalam menganalisa pembiayaan pada sektor-sektor tersebut. Materi pada hari kedua adalah adalah tentang analisa-analisa meliputi analisa daya saing bisnis, analisa kebutuhan modal usaha, analisa kualitatif dan kuantitatif dan diakhiri dengan mitigasi resiko. Dan selanjutnya pada hari ketiga instruktur membahas monitoring dan penanganan pembiayaan bermasalah, dan teknis pembinaannya, kemudian diakhiri dengan latihan dan studi kasu. Keseluruhan materi telah disampaikan oleh Instruktur Joko Santoso yang merupakan Associate Trainer Muamalat Institute.

Rangkaian pelatihan berjalan baik dan menarik dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dan instruktur. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi para peserta dan umumnya bagi LPDB dan semoga kedepannya kerjasama yang telah terjalin terus terjaga.

Red: Rino A.S.

Read 541 times
Rate this item
(0 votes)