Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah April 2016

Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah ini merupakan program Public Training yang diselenggarakan oleh  Muamalat Institute dalam rangka mensosialisasikan prinsip-prinsip dasar perbankan syariah bagi masyarakat umum. Program ini dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu 15-16 April 2016/7-8 Rajab 1437 H. Program ini diikuti oleh 6 peserta terdiri 2 orang dari SMK Perbankan Syariah An Nur Padang, 1 orang dari Bank ANZ Indonesia, 1 orang dari BPRS HIK Bekasi, 1 orang dari KSU Barokah New, dan 1 orang dari Trisakti. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, pre testinclass pelatihan, post test, dan penutupan.

 

Pelatihan ini membahas berbagai aspek dalam prinsip-prinsip dasar perbankan syariah yang disampaikan oleh Bapak Adi Martono selaku praktisi perbankan syariah. Materi-materi yang diberikan pada hari pertama mengenai Konsep Dasar Ekonomi Islam yang membahas konsep harta menurut perspektif islami dan penjelasan mengenai transaksi-transaksi yang dilarang. Materi selanjutnya adalah Kaidah Fiqh Muamalah yang mengulas pengertian Fiqh beserta akad-akad dalam transaksi muamalah. Dalam sesi ini peserta banyak bertanya karena ditemui istilah-istilah baru bagi peserta. Sesi setelah lunch break dan shalat dzuhur, Instruktur kembali melanjutkan materi Overview Perbankan Syariah yang menjelaskan tentang perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional. Setelah coffee break dan shalat ashar, materi yang disampaikan tentang Produk Penghimpunan Dana Bank Syariah.

Pada hari kedua, penyampaian materi terkait Produk Penyaluran Dana di Bank Syariah yang terdiri dari murabahah, salam, ishtisna, mudharabah, musyarakah, ijarah / IMBT, serta dipaparkan pula Produk Jasa Bank Syariah yaitu Wakalah, kafalah, rahn, hawalah, sharf, dan qardh. Pelatihan diakhiri dengan pembahasan teknik perhitungan bagi hasil Bank Syariah dan simulasinya.

Rangkaian kegiatan pelatihan berjalan baik dan menarik dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dan instruktur. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan besar harapan kedepannya kerjasama yang telah terjalin dapat terus terjaga.

Red: novita Ashari

Read 566 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Tuesday, 28 June 2016 11:14