Pelatihan Internal Audit Syariah Bank Jateng 2016

Pelatihan Internal Audit Syariah merupakan program Inhouse Training kerjasama antara Bank Jateng dengan Muamalat Institute dalam pemeliharaan serta menambah pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dasar dan penerapan audit syariah untuk para karyawan Bank Jateng. Program yang telah dilaksanakan pada tanggal 20-21 Februari 2016/11-12 Jumadal Ula 1437 H ini diikuti oleh 29 Orang peserta yang berasal dari Divisi Syariah, SKAI, Tim Anti Fraud, Cabang Syariah Semarang dan Cabang Utama.Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, inclass pelatihan selama 2 hari dan diakhiri dengan penutupan. Sedangkan rangkaian inclass terdiri dari pre test, inclass, post test dan penutupan.

 

Dalam pelatihan ini membahas berbagai aspek dalam prinsip-prinsip internal audit syariah dan penerapannya. Materi-materi yang disampaikan pada hari pertama training adalah dasar-dasar fiqh muamalah untuk proses audit perbankan syariah yang membahas kaidah dasar dalam penentuan halal dan haram dan proses screening dalam proses penghimpunan dan penyaluran dana. Materi selanjutnya adalah prinsip audit syariah yang membahas mengenai paradigma audit, fungsi auditor internal, proses audit dan cakupan audit. Pada sesi setelah break ashar  peserta di berikan penjelasan tentang pelaksanaan audit, risk assessment dan audit process preparation. Peserta juga diberikan studi kasus audit yang membuat suasana kelas menjadi hidup.

Pada hari kedua instruktur membahas materi ruang lingkup audit internal syariah pada sesi pertama yang membahas tentang audit financing, audit funding, audit operasional dan audit syariah. Pada sesi kedua dan ketiga peserta diberikan pemahaman tentang pengelolaan audit yang efektif dan efisien. Pada sesi terakhir instruktur membahas kasus-kasus audit yang terjadi di perbankan syariah dan peserta juga banyak memberikan pertanyaan mengenai kasus-kasus yang terjadi di Bank Jateng

Rangkaian pelatihan berjalan baik dan menarik dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dan instruktur. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi para peserta dan umumnya bagi Bank Jateng dan semoga kedepannya kerjasama yang telah terjalin terus terjaga.

Red: Afwan B

Read 681 times
Rate this item
(0 votes)