Pelatihan Analisis Pembiayaan Syariah Bank Nagari 2016

 

Pelatihan Analisis Pembiayaan Syariah merupakan program Inhouse Training kerjasama antara Bank Nagari dengan Muamalat Institute dalam pemeliharaan serta menambah pengetahuan mengenai teori dan praktik dalam menganalisis pembiayaan yang diajukan nasabah. Program yang telah dilaksanakan pada tanggal 13-15 Februari 2016/4-6 Jumadal Ula 1437 H ini diikuti oleh 34 Orang yang berasal dari petugas pembiayaan, analis pembiayaan, div. unit usaha syariah, petugas administrasi pembiayaan, tekhnologi informasi, penyelamatan kredit dan grup hukum.Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, inclass pelatihan selama 3 hari dan diakhiri dengan penutupan. Sedangkan rangkaian inclass terdiri dari pre test, inclass, post test dan penutupan.

 

Dalam pelatihan ini membahas berbagai aspek dalam prinsip-prinsip dasar perbankan syariah. Materi-materi yang disampaikan pada hari pertama training adalah Overview pembiayaan dan proses pembiayaan syariah, Proses pembiayaan syariah, Overview jenis-jenis pembiayaan dan regulasi serta Prinsip analisa pembiayaan. Hari pertama dalam pelatihan peserta sangat antusias mengikuti training diskusi berjalan menarik membahas mengenai hal-hal yang sering ditemui sehari-hari. Terutama mengenai proses-proses yang tepat dalam menganalisis dan menentukan akad yang sesuai dalam sebuah usulan pembiayaan.

Pada hari kedua instruktur membahas teknik-teknik dalam menganalisis pembiayaan dengan cara kuntitatif maupun kualitatif serta trik-trik dalam membaca laporan keuangan nasabah untuk mengetahui layak atau tidaknya nasabah yang diberikan pembiayaan. Pada hari kedua ini peserta aktif dalam menyelesaikan contoh-contoh kasus yang diberikan instruktur. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat analisis kualitatif dengan cara memahami model bisnis nasabah dengan teknik bisnis model canvast. Setiap perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Inclass berjalan menarik dan peserta antusias dalam mengikuti pelatihan.

Pada hari ketiga materi lebih bersifat praktik langsung untuk menganalisis studi kasus secara mendalam. Peserta diberikan simulasi usulan pembiayaan ke sekolah. Instruktur memberikan beberapa metode dalam menganalisis pembiayaan yang diajukan nasabah. Setelah istirahat siang instruktur bersama peserta menganalisa studi kasus pembiayaan sekolah secara bersama-sama dengan beberapa akad yang digunakan melalui analisis cashflow dan metode lainya dalam menghitung kebutuhan dan kemampuan nasabah. Peserta mengikuti simulasi studi kasus dengan antusias.

Keseluruhan materi telah disampaikan oleh Instruktur Bpk. Dece Kurniadi yang merupakan Associate Trainer Muamalat Institute.

Rangkaian pelatihan berjalan baik dan menarik dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dan instruktur. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi para peserta dan umumnya bagi Bank Nagari dan semoga kedepannya kerjasama yang telah terjalin terus terjaga.

Red : Ahmad Slamet

Read 765 times
Rate this item
(0 votes)