Pelatihan Akad Musyarakah Mutanaqishah (MMQ) Bank Jateng 2016

Pelatihan Akad Musyarakah Mutanaqishah (MMQ) merupakan program Inhouse Training kerjasama antara Bank Jateng dengan Muamalat Institute untuk memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan dalam mengembangkan produk perbankan yang berbasiskan akad musyarakah mutanaqisah dengan tujuan dapat mendorong pertumbuhan sektor riil, khususnya dalam pembangunan, pengembangan, dan pembiayaan perumahan di Indonesia.Program yang telah dilaksanakan pada tanggal 15-16 Februari 2016/6-7 Jumadal Ula 1437 H ini diikuti oleh 25 Orang peserta yang berasal dari Divisi Syariah, Cabang Syariah (Semarang, Pekalongan, Surakarta dan Purwokerto), Capem Syariah (Sragen, Semarang Barat, Magelang, UMS Surakarta, UNISSULA Semarang, Sukoharjo, Kudus), Sekretaris Perusahaan..Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, inclass pelatihan selama 2 hari dan diakhiri dengan penutupan. Sedangkan rangkaian inclass terdiri dari pre test, presentasi materi, studi kasus, sharing, kuis, dan post test.

 

Dalam pelatihan ini membahas berbagai aspek mengenai Akad Musyarakah Mutanaqishah. Materi pertama yang disampaikan oleh Bapak Yayat Taryadi adalah Keunggulan Akad Pembiayaan MMQ dibandingkan Akad Pembiayaan lainnya. Materi selanjutnya adalah Akad Musyarakah Mutanaqishah dalam Produk Konsumer yang mengulas Alur Transaksi Skim MMQ dalam Pembiayaan, Risiko dan Mitigasi Pembiayaan MMQ, pada materi ini peserta banyak bertanya karena ada istilah-istilah baru bagi peserta. Pada sesi setelah break lunch dan sholat dzuhur Instruktur kembali melanjutkan materi MMQ sampai dengan akhir sesi hari pertama dengan materi Produk Komersil dan Corporate Sindikasi. Materi tersebut menjelaskan tentang Alur Transaksi Skim MMQ dalam Pembiayaan, Risiko dan Mitigasi Pembiayaan MMQ. Peserta sangat tertarik dengan materi yang disampaikan dengan pertanyaan dan komentar  yang berneka ragam.

Pada hari kedua instruktur membahas tentangAkad MMQ dalam tinjuan Fiqh Muamalah. Materi pertama pada hari ke-2 adalah Konsep Akad yang terdiri dari Definisi & Anatomi Akad, Jenis & Sifat Akad. Materi selanjutnya Konsep Akad MMQ dalam tinjauan Fiqh. Pada sesi setelah break lunch, materi yang dipaparkan adalah Implementasi Akad MMQ dalam Pembiayaan. Peserta pelatihan di dalam materi ini, sangat antusias untuk bertanya dan berkomentar tentang berbagai permasalahan dan penyelesaiannya dalam Implementasi produk MMQ. Setelah shalat Ahar, materi terakhir yang diberikan mengenai penggunaan Akad MMQ dalam pembiayaan ulang. Keseluruhan materi pada hari ke-2 disampaikan oleh Instruktur Ustad Ardiansyah yang merupakan Associate Trainer Muamalat Institute dan juga praktisi dari perbankan Syariah.

Rangkaian pelatihan alhamdulilah berjalan baik dan menarik dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dan instruktur. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi para peserta dan umumnya bagi Bank Jateng dan semoga kedepannya kerjasama yang telah terjalin terus terjaga.

Red : Whayudha

Read 667 times
Rate this item
(0 votes)