Pelatihan Akuntansi Syariah November 2015

Pelatihan Publik Akuntansi Syariah merupakan salah satu dari peran Muamalat Institute untuk berbagi pengetahuan terkait Akuntansi  dalam Perbankan Syariah yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 November 2015 / 24-25 Muharram 1437 H di Ruang Marunda Lantai 5, Tower 2 Apartemen Batavia. Program ini diikuti oleh 7 Peserta yang terdiri dari 2 karyawan Bank BCA Syariah, 3 karyawan BPRS HIK Parahyangan, dan 2 karyawan BPRS Cilegon Mandiri, inclass pelatihan dilaksanakan selama 2 hari, diawali dengan pembukaan dan sambutan yang disampaikan oleh Bpk. Delyuzar Syamsi selaku Executive Director Muamalat Institue dan diakhiri dengan penutupan. Sedangkan rangkaian inclass terdiri dari pre test, inclass, post test.

 

Pelatihan ini terdiri dari berbagai materi yaitukerangka dasar penyusunan & penyajian laporan keuangan, PSAK 101 tentang Penyajian laporan Keuangan Syariah, PSAK 102 tentang Akuntansi Murabahah, Akuntansi BMT, PSAK 50/55/60 tentang Perbankan Syariah, PSAK 104 tentang Akuntansi Istishna yang disampaikan oleh Instruktur Bpk. Leo Siregar & Bpk. Rudy Qaharuddin. Pada hari kedua materi yang disampaikan yaitu PSAK 105 tentang Akuntansi Mudharabah, PSAK 106 tentang Akuntansi Musyarakah, PSAK 107 tentang Akuntansi Ijarah, Akuntansi AYDA, PSAK 109 tentang Akuntansi Zakat, Infak & Shadaqah dan Laporan Keuangan Bank Syariah disampaikan oleh Bapak Tugiantoro.

Rangkaian kegiatan pelatihan berjalan baik dan menarik dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dan instruktur yang disertai dengan contoh perhitungan akuntansi. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi para peserta.

Red : Rino Agus S.

Read 578 times
Rate this item
(0 votes)