Loan Syndication Training September 2015

Program Pelatihan Loan Syndication ini merupakan program pelatihan yang terbuka untuk umum atau public yang diadakan oleh Muamalat Institute. Tujuan program pelatihan ini adalah untuk melatih karyawan dari berbagai instansi keuangan syariah di Indonesia  agar dapat melakukan Loan Syndication dengan baik. Program ini dilaksanakan selama dua hari pada 3-4 September 2015 M / 19-20 Dzulqa’dah 1436 H dan bertempat di ruang Jakarta, Apartemen Batavia.

Pelatihan ini diikuti oleh 6 orang peserta, dan hadir sebagai instruktur Bapak Arinto Wiryoto selama dua hari. Alhamdulillah pelatihan berjalan dengan baik dan menarik karena ada sisi diskusi dan tanya jawab mengenai kasus-kasus Loan Syndication. Beberapa peserta antusias dan bertanya untuk mengetahui lebih dalam terkait hal ini, dikarenakan Loan Syndication merupakan hal yang baru bagi para peserta.

Materi yang dibahas meliputi Landasan Syariah & Bilateral Vs Sindikasi, Mengapa Harus Sindikasi & Kelebihan Sindikasi, Definisi Sindikasi, Ciri dan Objek Utama Sindikasi, Pihak-Pihak Dalam Sindikasi Alur Pembiayaan Sindikasi, Arranger, Peserta & Agent, Legal Aspect, Revised And Restated Agreement, Risk Participation Agreement, Transfer Antar Bank & Perjanjian Antar Bank, serta Pencairan Dan Pasca Pencairan.


Pendekatan yang dilakukan instruktur sudah sangat baik dengan menggali keingintahuan peserta terhadap materi yang diberikan. Pemateri pun dapat membangun respon peserta untuk berdiskusi terkait permasalahan dilapangan. Pelatihan Loan Syndication yang dilaksanankan dengan durasi selama 2 hari dirasa kurang optimal. Hal ini dikarenakan peserta memiliki kasus berbeda yang ingin mendapatkan penjelasan detail dari instruktur. Semoga setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh bagi instansi peserta.

Read 850 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 23 September 2015 15:31