Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah Bank Aceh Batch II

Foto Bersama PDPS Bank Aceh Batch 2          Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah Batch II yang diklaksanakan pada tanggal, 22-23 April 2015 M / 3-4 Rajab 1436 H ini merupakan program Inhouse Training kerjasama antara Bank Aceh dengan Muamalat Institute dalam pemeliharaan serta menambah pengetahuan mengenai prinsip-prinsip dasar perbankan syariah untuk para karyawan Bank Aceh. Program ini diikuti oleh 30 Peserta yang terdiri dari kepala seksi, kepala cabang pembantu, supervisor dan Auditor internal Bank Aceh.

 

Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, inclass pelatihan selama 2 hari dan diakhiri dengan penutupan. Sedangkan rangkaian inclass terdiri dari pre test, inclass, post test.

 Pelatihan ini membahas berbagai aspek dalam prinsip-prinsip dasar perbankan syariah. Materi-materi yang disampaikan pada hari pertama training adalah Konsep Dasar Ekonomi Islam yang membahas konsep harta menurut perspektif islami dan penjelasan mengenai transaksi-transaksi yang dilarang. Materi selanjutnya adalah Kaidah Fiqh Muamalah yang mengulas pengertian Fiqh beserta akad-akad dalam transaksi muamalah Pada materi ini peserta banyak bertanya karena ada istilah-istilah yang baru bagi peserta. Intruktur kermbali melanjutkan training dengan materi Overview Perbankan Syariah yang menjelaskan tentang perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional. Dikarenakan force majeur, musibah kebakaran yang melanda kantor Bank Aceh Pusat maka ada instruksi untuk menghentikan kegiatan pelatihan dikarenakan penggunaan ruang training dialihkan untuk operasional server darurat.

Pada hari kedua, Ruang Training dialokasikan ke Sultan Selim II Community Center, pada hari kedua ini instruktur membahas tentang Produk Penghimpunan Dana bank Syariah yaitu wadi’ah dan mudharabah Penyaluran Dana Bank Syariah yang terdiri dari murabahah, salam, ishtisna, mudharabah, musyarakah, ijarah / IMBT, serta dipaparkan pula Produk Jasa Bank Syariah yang terdiri dari wakalah, kafalah, rahn, hawalah, sharf, dan qardh. Training diakhiri dengan membahas tehnik perhitungan bagi hasil Bank Syariah dan simulasinya. Keseluruhan materi disampaikan oleh Instruktur Bpk. Dece Kurniadi yang merupakan associate trainer Muamalat Institute.

Rangkaian kegiatan pelatihan berjalan baik dan menarik dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dan instruktur. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi para peserta dan umumnya bagi Bank Aceh. Besar harapan kedepannya kerjasama yang telah terjalin dapat terus terjaga.

Red: Rino Agus S.

Read 972 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Thursday, 18 June 2015 09:41