Training for BMT Kabupaten Mamuju "Micro Entrepreneurship"

mamuju

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Training for BMT Kabupaten Mamuju “Micro Entrepreneurship” ini merupakan program kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Mamuju dengan Muamalat Institute dalam memberikan pengetahuan dan wawasan kepada peserta yang ditunjuk masing-masing kecamatan untuk mengembangkan potensi daerah melalui pendirian BMT.Program ini diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari Kecamatan Mamuju, Sampaga, Tommo dan Papalang. Adapun rangkaian kegiatan terdiri dari pembukaan, inclass pelatihan selama 3 hari dan diakhiri dengan kunjungan studi banding ke BMT Al Fath Ciputat.

 

Pelatihan pada hari pertama, membahas tentang Introduction & Overview Perkembangan BMT oleh Bapak Isnaini Mufti Aziz selaku Executive Director Muamalat Institute, Materi penyampaian Regulasi Koperasi oleh Bapak Tamim Syaifudin perwakilan Kemenkop, lalu materi tentang Ekonomi Islam dan Prinsip- Prinsip Syariah BMT dan Latar Belakang/ Landasan Syariah didirikannya BMT oleh Bapak Hendri Tanjung ( Selaku Dewan Pengawas Syariah Koperasi KPP UMKM Syariah Banten). Hari kedua disampaikan materi Konsep Dasar Operasional BMT, Produk Penghimpunan Dana BMT, Produk Penyaluran Dana BMT, dan Proses & Prosedur Umum Penyaluran Dana yang disampaikan oleh Bapak Iwan Setiawan ( selaku Direktur Microfin), dan materi pada hari ketiga tentang Strategi Pembinaan & Pengawasan Pembiayaan, Manajemen Dana & Operasional BMT, dan Kewirausahaan & Strategi Pengembangan Bisnis BMT selaku Instruktur adalah Bapak Muhammad Soleh dan Bapak Rizkyson.

Diakhir program, dilaksanakan kunjungan studi banding ke BMT Al Fath Ciputat, dalam penerimaan studi banding ini oleh Manager Tamwil Bapak Shaimin. Peserta sangat antusias dalam mengikuti sesi sharing dari BMT Al Fath Ciputat.

Pelatihan ini telah dilaksanakan pada tanggal 30 Maret – 2 April 2015 M / 9 – 12 Jumadal Tsaniyah 1436 H di Hotel Grand Tropic, Ruang Bougenvile Lt. 25, dengan durasi inclass pelatihan yaitu 24 Jam (3 hari).

Rangkaian kegiatan berjalan dengan baik karena peserta cukup aktif, terlihat dari aktivitas keseharian yang dijalani, diawali dengan Sholat Subuh berjamaah, olah raga bersama sebelum mengikuti inclass. Semoga pelatihan ini bermanfaat dalam menunjang pemerintahan Kabupaten Mamuju guna pengembangan usaha mikro daerah dengan melalui pendirian BMT ditingkat kecamatan di kabupaten Mamuju.

Red: Eko Badri

Read 909 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Monday, 27 April 2015 11:22