TRAINING & IMPLEMENTASI LABORATORIUM BANK MINI SYARIAH UNIVERSITAS DARUSSALAM (UNIDA) – GONTOR

10426902 10204573971681827 2101415818542592842 n

Muamalat Institute sebagai afiliasi Bank Muamalat Indonesia yang memiliki visi untuk menyebarluaskan wawasan, ilmu pengetahuan, dan keterampilan perbankan syariah turut serta dalam mendukung pengembangan Laboratorium Bank Mini Syariah yang dimiliki Fakultas Ekonomi & Manajemen Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor.

Laboratorium Bank Mini Syariah yang telah ada ini merupakan sarana pembelajaran mahasiswa untuk memberikan keterampilan praktis mengenai integrated banking system.


Adapun dukungan yang diberikan Muamalat Institute dalam pengambangan Lab. Perbankan Syariah antara lain ialah implementasi teknologi informasi berupa Software Mini Banking yang produk-produknya diadaptasi dari produk-produk yang ada di Bank Muamalat. Tujuan dari penggunaan nama-nama produk yang ada di Bank Muamalat adalah sebagai co-Branding sekaligus untuk memperkenalkan produk Bank Muamalat kepada civitas Kampus UNIDA Gontor.
Tahapan Implementasi diawali dengan pemberian Pelatihan Operasional Bank Syariah kepada Dosen dan Staff Fakultas Ekonomi & Manajemen UNIDA Gontor. Materi Pelatihan disampaikan Oleh Bpk. Dedi Muliana selaku Operation Manager Bank Muamalat Cabang Kediri. Kegiatan Implementasi Lab. Bank Mini Syariah dilanjutkan dengan Installasi dan simulasi penggunaan software oleh Tim dari Muamalat Institute. Pelaksanaan Implementasi dan Training ini berlangsung selama 3 hari pada tanggal 27-29 Januari 2015/ 6-8 Rabiu’us Tsani 1436 H.  


Kebutuhan laboratorium dengan dukungan software  didalamnya adalah sangat mendesak untuk segera direalisasikan demi membekali mahasiswa dengan praktek dan simulasi selayaknya mereka beraktifitas didalam sebuah lembaga keuangan atau perbankan syariah.  Dekan Fakultas Ekonomi & Manajemen UNIDA Gontor, Dr. Khoirul Umam M.Ec. yang turut serta menjadi peserta mengungkapkan sangat gembira dan antusias atas dukungan yang diberikan Muamalat dalam Pengembangan Laboratorium Bank Mini Syariah di UNIDA Gontor.

 

Program Pengembangan Lab. Bank Mini Syariah ini merupakan bagian dari Reward Program Tabungan Prima yang diberikan Bank Muamalat KCP Ponorogo dalam rangka menguatkan kerjasama yang telah terjalin lama antara Bank Muamalat KCP Ponorogo dengan Yayasan Pondok Modern Darussalam Gontor. Penggunaan Lab. Bank Mini Syariah ini diharapkan membantu  UNIDA Gontor dalam memberikan pemahaman dan pengalaman yang mendekati dunia real perbankan bagi mahasiswanya, memberikan pengajaran aktif, dan menyiapkan lulusan menjadi SDM yang berkualitas, siap pakai, dan memiliki kompetensi dibidangnya.

 

Red.Rizky Yusuf

Read 2299 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Monday, 16 February 2015 08:33