btn9

Bank BTN Syariah bekerjasama dengan Muamalat Institute mengadakan   in house training dengan tema “Training dan Workshop Bank Devisa BTN”.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dilaksanakan pada hari Rabu - Jumat, 7 - 9 Januari  2015 M / 16 - 18 Rabiul Awal 1436 H yang bertempat di Menara Bank BTN Lt. 16 Ruang Keteladanan Jl. Gajah Mada No. 1 Harmoni, Jakarta Pusat. Acara dibuka oleh Pejabat Unit Usaha Syariah Bank BTN oleh Ibu Siti Susiawati dan Direktur Eksekutif Muamalat Institute oleh Bapak Isnaini Mufti Aziz yang diikuti oleh 19 orang peserta.

Pada hari pertama dalam pelatihan ini diisi oleh Bapak Budi Wisakseno selaku praktisi perbankan syariah dan Associate Trainer Muamalat Institute dengan materi Overview Bank Devisa dari Sudut Pandang Pemegang Kebijakan kemudian dilanjutkan dengan Pre Test.   Selanjutnya penyampaian materi oleh Bapak Muhammad Yusuf selaku Treasury & International Operation Department Head Bank Muamalat Indonesia dengan materi Konsep Bank Devisa, Metode Pembayaran Dalam Transaksi Luar Negeri, Remittances dan Collections (Inkaso Luar Negeri) dalam penyampaianya instruktur cukup interaktif dengan saling bertukar pikiran dan pengalaman yang dialami oleh peserta di lapangan terkait materi yang dipaparkan.

Alhamdulillah, Pada hari kedua pelatihan berjalan dengan baik dan lancar dengan instruktur Ibu Nurmala Dewi selaku Custodian Department Head Bank Muamalat Indonesia dengan materi Basic of Letter of Credit, Mechanism of L/C, serta konsep SWIFT.                   
Peserta sangat aktif dan antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta yang ingin mengetahui secara mendalam terkait dengan Letter of Credit yang disampaikan oleh instruktur dengan contoh-contohnya yang terjadi di Bank Muamalat Indonesia.

Pada hari ketiga peserta merasakan pentingnya mengikuti pelatihan ini karena teori dan pengalaman yang disampaikan oleh instruktur dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang bisa diterapkan di Unit Usaha Syariah sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Pada  pertemuan terakhir materi disampaikan oleh tiga instruktur yaitu Bapak Yuni Artato selaku Financial Institution Bank Muamalat,  Bapak Amarullah Asghori selaku Operation Coordinator National Operation Division Bank Muamalat dan Bapak Yudistia Briliano selaku Treasury Division Head Bank Muamalat Indonesia. Dalam penyampaian materi, pendekatan yang dilakukan oleh instruktur sudah baik kepada peserta untuk menghidupkan suasana pelatihan.

Semoga materi-materi yang telah dipaparkan Instruktur dapat bermanfaat dan memberikan wawasan terkait Bank Devisa.

 

Red.Arli Asrianto

Read 1254 times
Rate this item
(0 votes)