Pemahaman Dasar Perbankan Syariah Tingkat Lanjut

asb5

Pemahaman Dasar Perbankan Syariah Tingkat Lanjut

 

Advance Sharia Banking Training merupakan program training publik yang diselenggarakan oleh Muamalat Institute yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta memberikan penjelasan secara mendalam tentang perbankan syariah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam melaksanakan tugas di dunia kerja khususnya perbankan syariah. Advance Sharia Banking Training ini telah dilaksanakan pada tanggal 12-13 September 2014 M / 17-18 Dzulqa’dah 1435 H yang bertempat di Ruang Training  Muamalat Institute,        Gd. Dana Pensiun Telkom Lt.2 Jl. Letjen S.Parman Kav 56. Slipi-Jakarta Barat.


Alhamdulillah, Training berjalan dengan baik dan lancar yang diikuti oleh 10 orang peserta. Training ini merupakan program Level Advance kelanjutan dari Basic Sharia Banking. Kegiatan training dibuka oleh Bapak Yudi Susworo selaku General Manager Muamalat Institute dan dilanjutkan dengan ujian Pre-test. Pada hari pertama peserta sangat antusias dalam menerima materi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Sharing pengalaman dan pemaparan materi yang diberikan oleh instruktur yang sangat kompeten dalam bidangnya.  Adapun sebagai instruktur adalah Bapak Hendri Tanjung selaku Profesional dan Praktisi Perbankan Syariah di Indonesia dan Bapak Ahmad Nuryadi selaku Sharia Compliance Officer Bank Muamalat Indonesia. Materi yang disampaikan pada hari pertama meliputi Fiqh Muamalah Financing Wadiah, Mudharabah, Sukuk, Murabahah, Salam, Isthisna, Ijarah IMBT dan MMQ.


Pada hari kedua peserta bersemangat mengikuti training terlihat saat membahas  studi kasus yang terjadi di lapangan.  Instruktur kali ini menyampaikan pembahasan materi tentang Murabahah, Isthisna, Mudharabah, Musyarakah, Ijarah, ijarah Multijasa dan IMBT Resiko dan Mitigasinya serta praktek dan Resiko Financing dan beberapa contoh kasus  yang pernah dihadapi terkait dengan materi. Sebagai instruktur pada hari kedua adalah  Bapak Edy Tri dan Bapak Deden Darajat selaku Praktisi Perbankan Syariah.

 

 

Red. Arli Asrianto

Read 1555 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 17 September 2014 14:47