Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah Bank Jatim

jatim1

Kegiatan inclass pelatihan pemahaman dasar perbankan syariah Bank Jatim

Program Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah ini merupakan kerjasama yang dilakukan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur dengan Muamalat Institute.  Tujuan program ini adalah agar karyawan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur dapat memahami konsep penjaminan secara syariah, sebagai langkah awal dari manajemen PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur dalam mempersiapkan karyawan yang akan bertugas maupun yang sudah bertugas di unit syariah. Durasi program ini adalah 2 (dua) hari, dengan jumlah peserta 140 orang yang terbagi menjadi 3 (tiga) kelas. Adapun waktu pelaksanaan pada tanggal 28 Juni 2014 M / 30 Sya’ban 1435 H dilaksanakan untuk Kelas A di STIESIA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia) Lt. 2 Ruang 201 dan Kelas B di STIESIA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia) Lt. 8 Ruang Shafa. Sedangkan, pada tanggal 29 Juni 2014 M / 01 Ramadhan 1435 H dilaksanakan untuk Kelas C di STIESIA (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia) Lt. 2 Ruang 201.


Pada kesempatan ini program dibuka secara resmi oleh Bapak Prasetyo Anto selaku Pimpinan Bank Jatim Cabang Syariah Darmo. Pemateri dalam pelatihan ini adalah Bapak Dece Kurniadi dan Bapak Dedi Muliana sebagai profesional dan praktisi perbankan syariah. Pembahasan materi yang disampaikan yaitu: Konsep Dasar Ekonomi Islam, Fiqh Muamalah, Akad, Regulasi Bank Syariah, Perbedaan Bank Syariah & Konvensional, Penghimpunan Dana Bank Syariah : Wadiah, Mudharabah. Penyaluran Dana Bank Syariah : Murabahah, Salam, Istishna, Musyarakah, Mudharabah, Ijarah, MMQ, Produk Jasa Bank Syariah, dan Profit Ditribusi.


Rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan menarik, interaksi peserta antusias dalam diskusi dan tanya jawab mengenai dasar perbankan syariah. Beberapa peserta cukup kritis, untuk mengetahui lebih dalam terkait konsep dasar perbankan syariah, karena bagi peserta materi perbankan syariah merupakan hal baru yang menarik.


Pendekatan yang dilakukan instruktur sudah baik, terlihat dari kemampuan instruktur menggali pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan. Instruktur juga cukup dapat membangun respon dari para peserta untuk berdiskusi terkait permasalahan yang dihadapi dalam dunia kerja.


Besar harapan kedepannya PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur dapat terus meningkatkan perannya dalam hal peningkatan kualitas SDM agar dapat terus berkembang dan turut serta meningkatkan  pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

Read 1094 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Thursday, 28 August 2014 11:47