Bank Jateng Adakan Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah Bagi Karyawannya

jateng5

Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah Bagi Karyawan Bank Jateng

Alhamdulillah, Bank Jateng dan Muamalat Institute bekerjasama mengadakan Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah pada tanggal 26-28 Juni 2014 M / 28-30 Sya’ban 1435 H yang bertempat di Ruang Training  Lt. 4 Kantor Pusat Bank Jateng  Jl. Pemuda No. 142 Semarang. Adapun durasi pelatihan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, dan selaku pemateri dalam kegiatan kali ini adalah Bapak Susandi sebagai profesional dan praktisi perbankan syariah. Pembahasan materi yang disampaikan yaitu: Konsep Dasar Ekonomi Islam, Fiqh Muamalah, Akad, Regulasi Bank Syariah, Perbedaan Bank Syariah & Konvensional, Penghimpunan Dana Bank Syariah : Wadiah, Mudharabah, Penyaluran Dana Bank Syariah : Murabahah, Salam, Istishna, Musyarakah, Mudharabah, Ijarah, MMQ, Produk Jasa Bank Syariah, dan Profit Ditribusi.


Rangkaian pelatihan selama 3 (tiga) hari berlangsung dengan baik dan lancar. Pelatihan hari pertama, diawali instruktur dengan penyampaian materi tentang konsep dan teori, lalu menggali pengetahuan peserta tentang konsep perbankan syariah, agar instruktur dapat mengkondisikan konsep mengajar yang sesuai dengan pengetahuan umum peserta. Alhamdulillah, Hal ini terlihat dari antusias peserta terhadap materi yang disampaikan, sehingga banyak mengajukan pertanyaan terkait permasalahan yang dihadapi dalam dunia kerja. Alhamdulillah, interaksi peserta dengan Instruktur terbangun dengan baik. Instruktur pun banyak memberikan contoh-contoh kasus agar mudah dipahami peserta dalam penyampaian materi.


Kegiatan hari Kedua, Instruktur menyampaikan contoh-contoh produk perbankan syariah menambah pemahaman dan wawasan peserta.Selanjutnya pada hari terakhir, Instruktur membangun diskusi dengan peserta serta membahas contoh kasus. Peserta aktif dan antusias dengan memberikan pendapat dalam pembahasan contoh kasus. Besar harapan kedepannya Bank Jateng dapat terus meningkatkan perannya dalam hal peningkatan kualitas SDM agar dapat terus berkembang dan turut serta meningkatkan  pertumbuhan ekonomi syariah di tanah air.

Read 1153 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Thursday, 28 August 2014 11:50