Berita Training

Berita Training (246)

Pelatihan Analisis Pembiayaan Syariah dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu pada tanggal 05-06 Januari 2019 yang bertempat di Kantor Cabang Singkawang Bank Kalbar, merupakan program Inhouse Training kerjasama antara Bank Kalbar dengan Muamalat Institute dalam meningkatkan serta menambah pengetahuan mengenai analisis pembiayaan syariah pegawai Bank Kalbar.

 

Pelatihan Analisis Pembiayaan Syariah diikuti oleh 42 dari 43 peserta terdaftar terdiri dari Pincapem Syariah, Analis pada Divisi Usaha Syariah, Kepala Seksi Pembiayaan Cabang Syariah, Kepala Seksi Pelayanan Nasabah Cabang Syariah, Ast Adm pada Divisi Usaha Syariah, Ast Adm pada Cabang Syariah, Ast Adm pada Capem Syariah, KIC Syariah dan Kontrol Intern Cabang Syariah. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan yang diawali dengan Doa dan di buka oleh Bpk. Samsir Ismail (Direktur Bank kalbar) dan di tutup oleh Bpk. Zaldi Karnaia (Pincab Syariah Sambas) kegiatan in class training berlangsung selama 2 hari.

 

Pelatihan ini menggunakan sistem klasikal dan dilaksanakan di dalam ruang meeting (Indoor).  Materi yang disajikan dalam training ini antara lain: Overview Proses Pembiayaan, Product Knowledge & Akad Pembiayaan Syariah, General Concept Pembiayaan (5 C's Anayisis), Analisis Pembiayaan (Aspek Manajemen, Pemasaran & Produksi), Analisis Pembiayaan (Laporan Keuangan), Analisis Kebutuhan Pembiayaan, Penetapan Pricing & Profit Sharing, Penilaian Kelayakan Investasi,Overview Monitoring Pembiayaan & Pengelolaan NPF, olehBpk. R Donny M Iskandar, olehBpk. R Donny M Iskandar sebagai intruktur yang menyampaikan materi selama kegiatan berlangsung. Rangkaian kegiatan pelatihan berjalan baik dan menarik dengan adanya komunikasi dua arah antara peserta dan instruktur. Semoga ilmu yang telah disampaikan dapat bermanfaat khususnya bagi para peserta dan umumnya bagi seluruh karyawan Bank Kalbar dan semoga kedepannya kerjasama yang telah terjalin terus terjaga.

Red : Sena R.

Alhamdulillah telah terlaksana dengan baik, Sharia Banking College Program  untuk Institut STIAMI Jakarta. Program berlangsung empat kali pertemuan :

 

Pertemuan I tanggal 1 Desember 2018 dengan Materi Sharia Banking Operation

  

Pelatihan Dasar Perbankan Syariah merupakan program Inhouse Training kerjasama antara Bank Kalsel dengan Muamalat Institute dalam rangka peningkatan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah, bagi karyawan baru maupun karyawan lama yang belum pernah mendapatkan pelatihan dasar-dasar perbankan syariah. Tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam melaksanakan tugas di dunia kerja dan khususnya di unit kerja masing-masing.

Alhamdulillah, kegiatan Training Koperasi Syariah yang dilaksanakan di Hotel Ibis Budget Jakarta Airport, pada hari Kamis, 08 November 2018 / 30 Shafar 1440 H telah berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan ini merupakan pembekalan bagi karyawan KSP Mitra Sehati untuk lebih memahami secara mendalam tentang bisnis koperasi syariah dari segi teori & praktik.

Setelah sukses dengan Leader as A Coach Batch 1, kali ini diselenggarakan untuk Batch 2 pada tanggal 5-7 November 2018. Bertempat di Muamalat Tower Jakarta diikuti oleh 28 orang karyawan Bank Muamalat Indonesia. Program ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas leadership peserta dengan penguasaan skill coaching untuk pengembangan individu dan kinerja.

Muamalat Institute menyelenggarakan Pelatihan Pendampingan untuk Karyawan PT. Alpha Teknologi Indonesia mengenai Basic Sharia Business pada Tanggal 26-27 Oktober 2018. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada peserta prinsip-prinsip dasar dalam muamalah agar bisnis yang dijalankan sesuai dengan ketentuan koridor syariah/ hukum islam sehingga bisnis menjadi lebih berkembang, berkah, dan terjauh dari transaksi bathil, akad yang fasad, dan riba.

TUJUAN & MANFAAT

1.  Memahami Islam sebagai agama yang universal, mengatur seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dalam berbisnis.

2.  Mengetahui kaidah-kaidah fiqih muamalah, hal-hal yang dilarang dalam bertransaksi seperti Maysir, Gharar, dan Riba.

3.  Memahami konstruksi akad-akad yang terdapat dalah hukum syariah.

4.  Memahami prinsip-prinsip dalam hukum jual-beli dan syirkah serta aplikasinya dalam bisnis sehingga tidak melanggar hukum syariah/ Sharia Compliance.

 

Program ini dirancang khusus bagi leader (level manager ke atas) untuk menguasai kompetensi coaching dengan standar internasional agar mereka menjadi pemimpin yang lebih efektif dan mampu mengembangkan kapasitas timnya.

Leader as A Coach 1 Leader as A Coach 2

risk management

Alhamdulillah, kegiatan Training Risk Management yang dilaksanakan di Kantor pusat BPRS CM, pada hari Sabtu-Minggu, 20-21 Oktober 2018 / 11-12 Shafar 1440 H telah berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan Pelatihan ini merupakan pembekalan bagi karyawan BPRS CM untuk lebih memahami secara mendalam tentang Risk Management dari segi teori & praktik.

Peserta yang hadir berjumlah 20 orang, peserta diantaranya berasal dari Kantor Pusat dan Kantor Cabang. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, pemberian  materi oleh instruktur, diskusi, dan studi kasus.

proyek infrastruktur

Alhamdulillah, kegiatan Workshop Analisis Pembiayaan Proyek Infastruktur yang dilaksanakan di Hotel Grandhika Semarang, pada hari Jum’at-Sabtu, 19-20 Oktober 2018 / 10-11Shafar 1440 H telah berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan Pelatihan ini merupakan pembekalan bagi karyawan Bank Jateng Syariah untuk lebih memahami secara mendalam tentang  Teknik Analisis Pembiayaan Proyek Infastruktur secara teori & praktik.

Peserta yang hadir berjumlah 29 orang dari 30 peserta terdaftar, peserta diantaranya berasal dari Analis Pembiayaan Syariah (setingkat Kepala Seksi), Analis Pembiayaan Syariah (setingkat Pelaksana),Analis Pembiayaan Syariah (setingkat Wakil Kepala Sub Divisi), Analis Rencana Bisnis dan Monitoring Syariah (setingkat Pelaksana), Kepala Seksi Pembiayaan, Kepala Sub Divisi Pembiayaan Syariah, Kepala Unit Pemasaran, Pelaksana Analis Pembiayaan Konsumtif, Pelaksana Seksi Pembiayaan, Wakil Kepala Divisi Syariah. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, pemberian  materi oleh instruktur, diskusi, dan studi kasus.

Perkembangan bisnis yang cepat menuntut ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan kompeten untuk menghadapi berbagai bentuk peluang dan tantangan yang senantiasa berubah.

Muamalat Institute sebagai lembaga pelatihan dan pendidikan perbankan syariah yang sudah lama mencetak sumberdaya manusia berkualitas berusaha menciptakan atmosfer baru bagi perkembangan dunia keuangan syariah di Indonesia yang baru mengambil pangsa pasar sekitar 5% di bidang perbankan. Kami berusaha membantu institusi keuangan syariah yang ingin berkembang menjadi bagian dari kemajuan keuangan syariah di Tanah Air dengan menggelar pendidikan terkait perbankan syariah secara komprehensif dan menghadirkan instruktur profesional di bidangnya masing-masing.

Atas dasar tersebut, Muamalat Institute menyelenggarakan Management Development Program (MDP). Program ini dirancang untuk mencetak calon-calon pimpinan BPRS masa depan yang memahami bisnis BPRS dengan baik, berwawasan luas, berkarakter, profesional serta memiliki komitmen terhadap penerapan syariah secara konsisten dan mampu berperan dalam persaingan bisnis skala nasional.

Page 1 of 18