Berita Training

Berita Training (242)

Setelah sukses dengan Leader as A Coach Batch 1, kali ini diselenggarakan untuk Batch 2 pada tanggal 5-7 November 2018. Bertempat di Muamalat Tower Jakarta diikuti oleh 28 orang karyawan Bank Muamalat Indonesia. Program ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas leadership peserta dengan penguasaan skill coaching untuk pengembangan individu dan kinerja.

Muamalat Institute menyelenggarakan Pelatihan Pendampingan untuk Karyawan PT. Alpha Teknologi Indonesia mengenai Basic Sharia Business pada Tanggal 26-27 Oktober 2018. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada peserta prinsip-prinsip dasar dalam muamalah agar bisnis yang dijalankan sesuai dengan ketentuan koridor syariah/ hukum islam sehingga bisnis menjadi lebih berkembang, berkah, dan terjauh dari transaksi bathil, akad yang fasad, dan riba.

TUJUAN & MANFAAT

1.  Memahami Islam sebagai agama yang universal, mengatur seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dalam berbisnis.

2.  Mengetahui kaidah-kaidah fiqih muamalah, hal-hal yang dilarang dalam bertransaksi seperti Maysir, Gharar, dan Riba.

3.  Memahami konstruksi akad-akad yang terdapat dalah hukum syariah.

4.  Memahami prinsip-prinsip dalam hukum jual-beli dan syirkah serta aplikasinya dalam bisnis sehingga tidak melanggar hukum syariah/ Sharia Compliance.

 

Program ini dirancang khusus bagi leader (level manager ke atas) untuk menguasai kompetensi coaching dengan standar internasional agar mereka menjadi pemimpin yang lebih efektif dan mampu mengembangkan kapasitas timnya.

Leader as A Coach 1 Leader as A Coach 2

risk management

Alhamdulillah, kegiatan Training Risk Management yang dilaksanakan di Kantor pusat BPRS CM, pada hari Sabtu-Minggu, 20-21 Oktober 2018 / 11-12 Shafar 1440 H telah berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan Pelatihan ini merupakan pembekalan bagi karyawan BPRS CM untuk lebih memahami secara mendalam tentang Risk Management dari segi teori & praktik.

Peserta yang hadir berjumlah 20 orang, peserta diantaranya berasal dari Kantor Pusat dan Kantor Cabang. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, pemberian  materi oleh instruktur, diskusi, dan studi kasus.

proyek infrastruktur

Alhamdulillah, kegiatan Workshop Analisis Pembiayaan Proyek Infastruktur yang dilaksanakan di Hotel Grandhika Semarang, pada hari Jum’at-Sabtu, 19-20 Oktober 2018 / 10-11Shafar 1440 H telah berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan Pelatihan ini merupakan pembekalan bagi karyawan Bank Jateng Syariah untuk lebih memahami secara mendalam tentang  Teknik Analisis Pembiayaan Proyek Infastruktur secara teori & praktik.

Peserta yang hadir berjumlah 29 orang dari 30 peserta terdaftar, peserta diantaranya berasal dari Analis Pembiayaan Syariah (setingkat Kepala Seksi), Analis Pembiayaan Syariah (setingkat Pelaksana),Analis Pembiayaan Syariah (setingkat Wakil Kepala Sub Divisi), Analis Rencana Bisnis dan Monitoring Syariah (setingkat Pelaksana), Kepala Seksi Pembiayaan, Kepala Sub Divisi Pembiayaan Syariah, Kepala Unit Pemasaran, Pelaksana Analis Pembiayaan Konsumtif, Pelaksana Seksi Pembiayaan, Wakil Kepala Divisi Syariah. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, pemberian  materi oleh instruktur, diskusi, dan studi kasus.

Perkembangan bisnis yang cepat menuntut ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan kompeten untuk menghadapi berbagai bentuk peluang dan tantangan yang senantiasa berubah.

Muamalat Institute sebagai lembaga pelatihan dan pendidikan perbankan syariah yang sudah lama mencetak sumberdaya manusia berkualitas berusaha menciptakan atmosfer baru bagi perkembangan dunia keuangan syariah di Indonesia yang baru mengambil pangsa pasar sekitar 5% di bidang perbankan. Kami berusaha membantu institusi keuangan syariah yang ingin berkembang menjadi bagian dari kemajuan keuangan syariah di Tanah Air dengan menggelar pendidikan terkait perbankan syariah secara komprehensif dan menghadirkan instruktur profesional di bidangnya masing-masing.

Atas dasar tersebut, Muamalat Institute menyelenggarakan Management Development Program (MDP). Program ini dirancang untuk mencetak calon-calon pimpinan BPRS masa depan yang memahami bisnis BPRS dengan baik, berwawasan luas, berkarakter, profesional serta memiliki komitmen terhadap penerapan syariah secara konsisten dan mampu berperan dalam persaingan bisnis skala nasional.

Pelatihan dan Team Building ini merupakan kerja sama antara BPRS HIK Parahyangan dengan Muamalat Institute dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang Banking Operation, Project Managemendan Audit IT serta peningkatan kerjasama tim antar karyawan multilevel untuk meningkatkan produktifitas dan stabilitas kegiatan usaha BPRS HIK Parahyangan. Training ini telah dilaksanakan pada tanggal 10-12 Mei 2018 M/ 24-26 Syaban 1439 H dengan durasi 31 jam efektif yang bertempat di Ole Hotel, Darmawan Park, Sentul – Bogor.

Pelatihan Pemahaman Dasar Multifinance Syariah dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu pada tanggal 2-3 Maret 2018 / 14-15 Jumadal Tsaniyah 1439 H yang bertempat di Hotel Sofyan Betawi  ruang Condet B, merupakan program Training Public Muamalat Institute dalam meningkatkan serta menambah pengetahuan mengenai dasar-dasar multifinance syariah secara komprehensif.

Pelatihan Pemahaman Dasar Multifinance Syariah diikuti oleh 3 peserta berasal dari CIMB Niaga Auto Finance dan 1 obeserver dari Associate Trainer Muamalat Institute. Adapun rangkaian kegiatan ini terdiri dari pembukaan, pre test, pemberian materi oleh instruktur, diskusi, studi kasus, dan diakhiri dengan post test.

Training Eksekutif Calon Direksi BPR Syariah HIK Bekasi merupakan program yang ditujukan bagi calon Direksi BPR Syariah HIK Bekasi agar mendapatkan pembekalan untuk menjadi Direktur Utama di BPRS HIK Bekasi.Program ini telah dilaksanakan tanggal  13Februari 2018M / 27Jumadal Ula 1439 H di ruang training Muamalat institute.

Pelatihan Pemahaman Dasar Perbankan Syariah ini merupakan program Inhouse Training kerjasama antara Bank Kalsel dengan Muamalat Institute dalam rangka peningkatan pemahamanPemahaman Dasar Perbankan Syariah bagi karyawan Bank Kalsel . Tujuan dari pelatihan ini agar peserta lebih memahami secara mendalam tentang dasar-dasar perbankan syariah dari segi teori & praktik. Pelatihan ini, Alhamdulillah telah terlaksana pada tanggal 3-4 Februari2018 M / 17-18 Jumadal Ula 1439 Hbertempat di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Page 1 of 18