Penanaman Dana Untuk Pembangunan Hotel dengan konsep Budget Hotel

Apakah diperbolehkan memberikan penanaman dana untuk hotel yang menggunakan konsep Budget Hotel yaitu hotel yang hanya menyediakan tempat/kamar untuk menginap saja, tanpa dilengkapi adanya restauran, cafe dan servis layanan kamar selain servis kebersihan kamar? Hotel tersebut juga dilengkapi dengan sistem keamanan yang menggunakan kunci kamar untuk dapat mengakses ke lantai tempat kamar berada sehingga selain tamu hotel tidak dapat masuk ke kamar hotel.

Opini DPS:

1. Secara umum, unsur-unsur yang menyebabkan tidak diperbolehkannya memberikan penanaman dana untuk pembangunan hotel adalah :

a. Adanya unsur maksiat yang dapat terjadi di hotel tersebut.
b. Adanya penjualan barang-barang haram di hotel tersebut

2. Kontrol terhadap pemenuhan aspek syariah di hotel akan sangat sulit dilakukan jika hotel tidak menerapkan konsep sebagai Hotel Syariah walaupun di hotel tersebut telah dipasang rambu-rambu atau peringatan untuk tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan syariah. Hal ini pernah terjadi dan dimintakan fatwa ke Ulama Al-Azhar di Kairo, dan diperoleh jawaban bahwa tidak diperbolehkan mendirikan hotel bukan dengan konsep syariah walaupun ada rambu-rambu atau peringatan tentang tidak diperbolehkannya hal-hal yang melanggar aspek syariah di hotel tersebut.

3. Pemberian penanaman dana untuk pembangunan hotel tersebut belum dapat diberikan persetujuannya. Persetujuan dapat diberikan dengan syarat :

a. Dimintakan pernyataan bahwa hotel tersebut sebagai Hotel Syariah, yang mendapatkan persetujuan dari Dewan Syariah Nasional.

b. Adanya komitmen atau pernyataan tertulis dari pemilik dan pengelola hotel secara tertulis untuk menerapkan aspek-aspek atau nilai-nilai syariah dalam menjalankan hotel tersebut.

 

Anda ingin melakukan analisa pembiayaan dengan baik, silakan ikuti Analisa Pembiayaaan (Financing Analysis)

Read 71 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Monday, 23 October 2017 14:12