Apakah Bank Syariah dalam rangka untuk menyelesaikan suatu perkara, dapat memberikan uang jasa?

Opini DPS:

  1.     Pada dasarnya sesuatu yang terlarang/haram tetap terlarang/haram. Tetapi jika berada pada suatu kondisi yang bersifat darurat, maka diperbolehkan dengan adanya rukhsah (keringanan).
  1.     Jika “uang jasa” dilakukan dalam rangka memperoleh haknya kembali atau untuk kemashlahatan umat yang lebih besar, maka sesuatu yang dilarang diperbolehkan. Namun perlu diteliti benar-benar apakah kondisinya sudah demikian darurat dan sudah tidak ada alternatif lainnya.
  1.     Jika terpaksa dilakukan, maka harus ada pembatasan, sehingga tidak terjadi penyelesaian dengan cara “uang jasa” tersebut secara berulang-ulang.
  1.     Alternatif lainnya adalah Bank Syariah cukup berurusan melalui pengacara dengan membayar total dana/biaya operasional untuk pengacara. Untuk penggunaan serta operasionalnya, diserahkan kepada Pengacara tersebut.

 

Penjelasan Opini:

Uang jasa yang diberikan dalam rangka menyelesaikan suatu perkara, masuk ke dalam pembahasan tentang riswah (suap menyuap). Hukum risywah adalah haram.

Dalam Q.S. al Baqarah ayat 188 Allah SWT. Berfirman:

وَلاَ تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ

”Dan janganlah kalian memakan harta diantara kalian dengan cara yang batil.”

Adapun hadits yang menunjukkan keharaman  risywah:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ ، قاَلَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " كُلًّ المُسْلِمُ عَلَى المُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُّهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ " (رواه مسلم)

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. Bersabda:”Setiap muslim atas muslim lainnya adalah haram darahnya, hartanya dan kehormatannya (H.R. Muslim).”

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرو قاَلَ : " لَعَنَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الرَّاشِي وَالمُرْتَشِي " (رواه أبو داود)

Dari Abdullah bin Amru berkata:”Rasulullah saw. Melaknat orang yang menyogok dan orang yang meminta untuk disogok (H.R. Abu Daud).”

Sumber : Notulen Rapat DPS  Jumat, 1 Juli 2005

Read 179 times
Rate this item
(0 votes)