Bisnis Syariah Semakin Diminati Masyarakat

Bisnis Syariah Semakin diminati Masyarakat

Perkembangan bisnis syariah di kalangan masyarakat seperti menjamur dan memberi pesan penting bahwa keberadaan ekonomi yariah di Indonesia adalah suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Perkembangan bisnis sendiri sebenarnya sudah lama ada sejak hadirnya Bank Muamalat Indonesia sebagai pioneer Bank Syariah pertama di Indonesia dan setelah itu diikuti oleh berbagai macam Bank Konvensional yang menjadikan anak perusahaan sebagai Bank syariah.

Perkembangan bisnis syariah di Indonesia adalah sebuah titik awal dalam mencakup aspek kehidupan yang bermartabat. Bisnis syariah sendiri mengajarkan kepada umat untuk tidak mengambil unsur riba yang sudah diharamkan di dalam Al Quran dan As sunnah. Selain itu juga menghindari unsur gharar yang dapat merugikan kepentingan umat. Bisnis syariah lebih menekankan konsep keadilan yang merata bagi pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan perekonomiannya. Selain itu juga di dalam bisnis syariah lebih menerapkan konsep halal dalam menjalankan kegiatan usahanya dengan mengacu kepada Al Quran dan As sunnah sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan perekonomian.

Perkembangan bisnis syariah di Indonesia begitu cepat, tidak terhitung beberapa unit usaha seperti bisnis Hotel syariah menjadi favorit baru bagi kalangan masyarakat untuk menjadikan tempat tinggal yang shar’i sesuai dengan ajaran Islam. Perkembangan bisnis restoran syariah yang sudah mencantumkan label halal pun tidak ketinggalan dalam merespon perkembangan bisnis syariah di masyarakat. Pentingnya mencantumkan label halal pada unit bisnis restoran saat ini direspon oleh produsen restoran untuk menjawab perkembangan bisnis syariah di masyarakat. Selain itu juga perkembangan unit bisnis keuangan syariah semakin diminati oleh masyarakat dalam menginvestasikan asetnya untuk masa depan. Adanya transaksi yang jelas transparan, adil dan tidak ada unsur riba semakin jelas bahwa kehadiran bisnis keuangan syariah menjadi solusi dalam berinvestasi

Peran bisnis syariah sudah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat. Pentingnya untuk melek terhadap syariah adalah suatu kewajiban bagi masyarakat di Indonesia dalam menjalankan kehidupan yang telahdianjurkan AL Quran dan As sunnah.

Oleh : Muhammad Febryansyah, Mahasiswa S2 UniversitasSains Islam Malaysia, Program Studi Master Muamalat Admnistrasi

Read 1610 times
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Tuesday, 12 January 2016 14:56