Perbankan Syariah Mulai Diminati Masyarakat

Perbankan Syariah

Perbankan syariah mulai diminati kalangan masyarakat karena penduduk Indonesia mayoritas Muslim, kata Direktur Utama BRI Syariah Moch Hadi Santoso.

"Sejak dilahirkannya Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, pertumbuhannya cukup signifikan yaitu mencapai 36,1 persen per tahun," katanya di Semarang, Kamis (4/12).

Menurut dia, jumlah tersebut melebihi rata-rata pertumbuhan aset perbankan nasional sebesar 16,3 persen per tahun. Oleh karena itu, pihaknya memprediksi perbankan syariah memiliki potensi yang bagus.

Meski demikian, pihaknya tidak memungkiri perbankan syariah memiliki sejumlah tantangan di antaranya kebutuhan sumber daya manusia, jaringan, dan permodalan.

"Jika tantangan ini bisa terjawab maka saya optimistis seluruh bank syariah mampu menguasai pasar nasabah di Indonesia mengingat 95 persen penduduk kita adalah Muslim," katanya.

Sebagai upaya untuk mendongkrak jumlah nasabah bank syariah, perbankan harus memiliki sejumlah keunggulan mulai dari produk hingga layanan.

Direktur Unit Usaha Syariah Bank Permata Syariah Achmad Kusna Permana mengatakan saat ini sedang berupaya memanfaatkan teknologi untuk melayani nasabah. Menurutnya implementasi teknologi dalam industri perbankan perlu dipikirkan, salah satunya dengan memanfaatkan electronic banking.

Pertimbangannya dalam menggunakan layanan tersebut karena saat ini masyarakat menginginkan segala sesuatu berjalan cepat dan efektif. Oleh karena itu, pihaknya memastikan dengan memanfaatkan teknologi tersebut maka jumlah nasabah perbankan syariah akan meningkat.

"Saat ini pelayanan perbankan kepada nasabah tidak harus melalui kantor cabang tetapi cukup dengan transaksi melalui e-banking maka semua akan berjalan dengan transparan dan efisien," katanya.

 

Sumber : www.republika.co.id

Read 915 times
Rate this item
(0 votes)