FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ)

Q: Apa itu Muamalat Institute?
A: Muamalat Institute adalah lembaga edukasi, ekonomi, dan keuangan syariah professional yang memberikan jasa di bidang Research, Training, Consulting, Publication & Recruitment. Kami membantu menyiapkan peran serta aktif umat Indonesia untuk mengembangkan dan mengimplementasikan ekonomi syariah di Indonesia dan dunia internasional.

Q: Apa hubungan Bank Muamalat dengan Muamalat Institute?
A: Muamalat Institute merupakan anak perusahaan (subsidary) dari Bank Muamalat (selain Baitulmaal Muamalat, DPLK Muamalat, & Al Ijarah Finance Indonesia) yang bergerak di bidang pengembangan Sumber Daya Insani khususnya tentang Ekonomi Syariah.

Q: Dimana lokasi Muamalat Institute?
A: Muamalat Institute berlokasi di Gedung Dana Pensiun Telkom Lantai 2, Jl. Letjend. S. Parman Kav. 56 Slipi – Jakarta Barat.

Q: Bagaimana cara mencapai lokasi Muamalat Institute?
A:
• Dari Bandara Soekarno Hatta
Untuk mencapai lokasi Muamalat Institute dari Bandara Soekarno Hatta disarankan menggunakan angkutan umum Bus Damri Jurusan Blok M – Bandara Soekarno Hatta, kemudian turun di depan Gedung Dana Pensiun Telkom, Jl. Letjend. S. Parman Kav. 56 Slipi – Jakarta Barat.
• Dari Stasiun Tanah Abang
Untuk mencapai lokasi Muamalat Institute dari Stasiun Tanah Abang disarankan menggunakan angkutan umum Mikrolet M09 / M11, kemudian turun di depan Gedung Dana Pensiun Telkom, Jl. Letjend. S. Parman Kav. 56 Slipi – Jakarta Barat.
• Akses Bus Transjakarta
Untuk mencapai lokasi Muamalat Institute dapat melalui akses Koridor IX Bus Transjakarta Jurusan Pinang Ranti – Pluit. Semua koridor Bus Transjakarta dapat transit untuk melalui Koridor IX Bus Transjakarta di halte Cawang UKI, Semanggi, Kuningan, Grogol, dan kemudian turun di Halte Slipi Petamburan.

Q: Program apa saja yang ditawarkan oleh Muamalat Institute?
A: Muamalat Institute mempunyai program dari pelatihan In House Training (Sharia Banking & Personal Development), Public Training, Workshop / Seminar Perbankan Syariah, Sharia Banking College, Konversi Unit Usaha Syariah, Spin Off Unit Usaha Syariah, Jasa Konsultasi & Assessment Perbankan Syariah, Penelitian, Digital Library, Rekrutmen, hingga Sewa Ruang Training.

Q: Apa itu Inhouse Training? Apa perbedaannya dengan Public Training?
A: Inhouse Training merupakan metode pelatihan, dimana materi dan tempat yang dapat disesuaikan dengan permintaan para peserta / perusahaan yang meminta pelatihan. Pelatihan dengan menggunakan metode ini memiliki keuntungan; bebas menentukan topik tergantung pada kebutuhan perusahaan secara eksklusif, Sedangkan Public Training adalah program pelatihan yang materi, tempat, dan instrukturnya telah ditetapkan oleh penyelenggara. Peserta yang mengikuti Public Training pun berasal dari perusahaan dan latar belakang yang berbeda-beda.

Q: Apakah program pelatihan di Muamalat Institute hanya terbuka untuk kalangan Perbankan?
A: Program pelatihan Muamalat Institute tidak terbatas hanya untuk kalangan perbankan saja, namun juga kalangan umum yang ingin mempelajari tentang perbankan khususnya perbankan syariah. Selain itu, kami juga mempunyai program pelatihan “soft skill” dalam Personal Development Training yang terdiri dari beberapa pelatihan pengembangan diri yang dikemas secara menarik.

Q: Apakah program pelatihan di Muamalat Institute bisa diikuti secara personal / individu?
A: Program pelatihan di Muamalat Institute sangat terbuka untuk semua peserta baik individu maupun perusahaan Peserta bebas untuk memilih mengikuti program pelatihan yang ada di Muamalat Institute, baik public training maupun inhouse training.

Q: Mengapa harus mengikuti program pelatihan di Muamalat Institute?
A:
• Kami adalah salah satu lembaga edukasi ekonomi dan keuangan syariah terbaik di tanah air.
• Kami memiliki pengalaman selama lebih dari 15 tahun dalam pendidikan dan pelatihan perbankan syariah (Hard Skill & Soft Skill / Personal Development).
• Instruktur – instruktur yang kami miliki adalah para praktisi perbankan syariah terbaik yang berpengalaman lebih dari 10 tahun dan kompeten di bidangnya.
• Kami telah berpengalaman bekerja sama dengan berbagai lembaga keuangan dan lembaga pendidikan ternama baik di dalam dan luar negeri
• Sumber Daya Insani (SDI) yang kami miliki merupakan orang – orang terbaik dan handal yang memiliki dedikasi dan kredibilitas tinggi yang akan selalu siap membantu anda.
• Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam menyebarluaskan wawasan, ilmu pengetahuan, dan keterampilan kepada para stakeholder dengan mempersiapkan serta mengembangkan lembaga dan sumber daya insani yang profesional, handal, dan berakhlak mulia sebagai kontribusi dalam mendukung pendidikan yang berkualitas bagi umat.

Q: Fasilitas apa saja yang bisa didapat dengan mengikuti program pelatihan di Muamalat Institute?
A: Fasilitas standar yang akan didapatkan peserta dengan mengikuti program pelatihan di Muamalat Institute adalah training kit, handout materi, coffee break, lunch, training room AC & Wi-Fi Support, sertifikat pelatihan, dokumentasi eksklusif training, dan special gift dari Muamalat Institute yang masih bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Q: Bagaimana cara mendaftar untuk mengikuti program pelatihan di Muamalat Institute?
A: Untuk pendaftaran mengikuti program pelatihan di Muamalat Institute bisa dengan mengisi form pendaftaran training secara online di website www.muamalat-institute.com, atau nomor 021-5326739 melalui Marketing Officer Muamalat Institute untuk keterangan lebih lanjut.

Q: Apakah fasilitas Ruang Training Muamalat Institute dapat digunakan oleh umum?
A: Tentu saja. Muamalat Institute menyewakan ruang yang dapat digunakan untuk bermacam-macam kegiatan (meeting, training, workshop, dll.) dengan fasilitas sebagai berikut:
• Meeting / Training Room
• LCD
• FlipChart & Markers
• Whiteboard
• Sound System & Mic
• Roll Screen
• Wifi
• Mic Conference

Q: Apakah banner pada website Muamalat Institute dapat disewakan?
A: Tentu saja. Banner pada website Muamalat Institute dapat disewakan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Marketing Officer Muamalat Institute melalui nomor 021-5326739.